VIDEO: Nand Logic, Helm Canggih Berpendingin

Helm canggih buatan Nand Logic
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Dulu, helm hanyalah berfungsi sebagai alat pelindung kepala saat kita mengendarai sepeda motor. Namun sebenarnya, fungsi helm bisa lebih dari sekadar alat keselamatan saja, seperti yang coba ditawarkan oleh perusahaan ini.

Saat Sang Gadis Bertanya Soal Kedaluwarsa Helm

Dilansir dari situs Autoevolution, Sabtu 21 Februari 2015, perusahaan Nand Logic tengah mengembangkan sebuah desain helm baru yang sarat akan teknologi canggih. Desain helm ini berbeda dengan helm biasa, yakni meruncing di bagian belakangnya, mirip dengan helm yang biasa dipakai oleh para pembalap sepeda.

Bentuk ini dipilih karena dianggap bisa mengurangi hambatan angin, sehingga leher pengendara tidak cepat pegal. Bagian depan helm juga bisa dibuka, sehingga menjadi bentuk half-face. Tidak lupa dipasangkan kaca pelindung mata dari teriknya sinar matahari di belakang kaca utama helm.

Helm Pembalap MotoGP Jadi Buruan di IIMS

Namun keunggulan utama helm ini justru terletak pada teknologi yang diusungnya. Yang pertama adalah adanya lampu di bagian depan, samping dan belakang, yang sudah menggunakan teknologi LED. Lampu depan berfungsi sebagai tambahan penerangan, sementara lampu samping akan menyala apabila pengendara hendak berbelok.

Helm inii dilengkapi dengan beragam sensor, mulai dari suhu hingga akselerasi. Sensor akselerasi ini terhubung dengan lampu belakang helm, dan akan menyala apabila pengendara melakukan pengereman. Dalam kondisi darurat, seperti pengereman mendadak, lampu belakang akan berkedip dengan cepat, memberi tahu pengguna jalan di belakang agar menjaga jarak.

Helm Antibau Khusus Wanita, Harganya Rp3 Juta

Helm juga dilengkapi dengan dua kamera, satu di depan dan satu di belakang. Kamera ini berfungsi untuk memantau situasi lalu lintas. Bekerjasama dengan komputer, kamera bisa mendeteksi adanya bahaya, seperti kendaraan lain yang akan memotong jalan, dan memberi tahu si pengguna helm melalui pengeras suara.

Untuk kenyamanan, helm dilengkapi dengan sistem audio canggih yang bisa mendeteksi suara sirine atau klakson. Sistem ini memiliki komputer tersendiri, dan bisa dihubungkan dengan beragam jenis gadget, seperti ponsel atau Global Positioning System (GPS).

Terakhir, untuk memberi kenyamanan saat berkendara di cuaca yang panas, Nand Logic memasang kipas angin kecil di bagian dalam helm. Kipas ini akan berfungsi sesuai suhu yang dideteksi melalui sensor suhu dan kelembaban.

Sayangnya Nand Logic belum mengumumkan, berapa harga helm canggih ini. Namun mereka memastikan, bahwa banderolnya tidak lebih dari US$500, atau sekitar Rp6,4 juta.

Anda dapat melihat videonya di bawah, atau klik tautan ini:

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya