Honda Bikin Motor Berbentuk Scrambler?

Honda CB1100X dimodifikasi menjadi bentuk scrambler
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Meski Honda masih memproduksi motor jenis klasik, Super Cub 70, namun ini adalah model satu-satunya mereka yang bentuknya masih mengusung konsep retro. Honda tampaknya enggan membuat motor jenis klasik lainnya, mungkin karena pasarnya dianggap tidak terlalu besar.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Padahal, motor berpenampilan klasik tengah digandrungi oleh para modifikator. Jenis scrambler begitu diminati saat ini, hingga Ducati bahkan berani meluncurkan Ducati Scrambler.

Namun, seperti yang dilansir dari situs Autoevolution, Jumat 27 Februari 2015, di dunia maya beredar foto satu unit motor Honda yang mengusung bentuk ini. Dalam gambar, tampak motor berukuran besar ini memiliki tangki bensin besar, jok tipis dan sepatbor belakang yang sangat pendek.

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Sayangnya, motor ini hanyalah sebuah modifikasi yang dilakukan salah satu diler Honda di Prancis. Demam model scrambler rupanya menginspirasi pemilik diler untuk mengubah Honda CB1100X menjadi bentuk scrambler.

Sejatinya, CB1100X adalah motor berjenis turing yang mengusung mesin 1.140cc yang pertama kali diperkenalkan 2010 silam. Bodinya yang bongsor membuat motor ini kurang ideal jika dimodifikasi untuk melahap trek tanah, apalagi ditunjang dengan jarak ke tanah yang relatif pendek.

Alasan Motor Custom Begitu Digandrungi Artis Indonesia

Untuk mengatasi hal ini, pemilik motor mengganti ban dengan jenis kembang besar dan kasar, khas motor adventure. Selain itu, sepatbor belakang yang tadinya panjang diubah menjadi sebatas panjang jok saja.

Mesin empat silinder bawaan asli tidak diubah sama sekali, karena dianggap sudah mumpuni untuk menembus jalur tanah dengan cukup baik. Sayang, belum ada tanggapan resmi dari Honda terkait apakah modifikasi ini akan dimasukkan ke dalam rencana pengembangan model mereka yang akan datang atau tidak.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya