Skutik Suzuki yang Dijual di Luar Negeri Ternyata Berbeda

Acara peresmian ekspor Suzuki Address.
Sumber :
  • VIVA/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) akhirnya melakukan ekspansi Suzuki Address untuk pasar international, dengan melakukan ekspor ke 24 negara di Eropa, Oseania dan Asia, yang jumlahnya mencapai 30 ribu unit (CKD dan CBU) sepanjang 2015 ini.

Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?

Kendati dibuat di PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Tambun, Jawa Barat, namun Suzuki Address yang telah mengusung mesin injeksi berkapasitas 110cc memiliki lima perbedaan dengan yang dipasarkan di dalam negeri.

"Berbedaan tersebut antara lain warna bodi, lampu sein, pegangan belakang, knalpot yang memengaruhi emisi berbeda, dan juga penggunaan ban tubeless," kata Kenji Mori, 2W & 4W Export Section Head SIS saat peresmian ekspor di pabrik Suzuki Tambun, Bekasi, 27 Februari 2015.

Saingi Honda, Suzuki Siapkan Motor 250cc Dua Silinder

Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, ada tiga varian warna, yaitu Metallic Ice Silver, Titan Black dan Briliant White. Adapun untuk spesifikasi, Address yang dijual di luar negeri masih tetap sama seperti yang saat ini dipasarkan di Indonesia.

"Ini tidak ada istilah KW (karena berbeda Indonesia dan ekspor), tapi sama-sama orisinil. Bahan materialnya pun sama, jadi performa juga masih sama," ujar Endro Nugroho, 2W PT Suzuki Indomobil Sales.

Ini Misi Ekspor Pertama Enggar Jabat Mendag

Meskipun berbeda, untuk kesiapan purna jual dan perawatan Suzuki Address, Team Service PT SIS telah memberikan serangkaian pelatihan kepada Team Service dan mekanik Suzuki di Eropa dan ASEAN.

Pelatihan pertama diadakan di Bangkok, Thailand. Lalu pelatihan kedua dilakukan Training Center Suzuki Jerman, dengan peserta pelatihan yang datang dari 17 negara perwakilan di Eropa.

Suzuki mengklaim, Address telah melalui berbagai pengujian di sesi test ride, dengan berbagai kondisi lintasan di perkotaan maupun turing antar kota. Rekor konsumsi bahan bakar motor ini mencapai 93,9 kilometer per liter, dengan total jarak tempuh 320 kilometer dari Pekanbaru menuju Padang.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya