Tren Modifikasi Motor yang Sedang 'Hot' di Indonesia

Motor bergaya Scrambler.
Sumber :
  • Blackcat200.com

VIVA.co.id - Dunia modifikasi motor hingga kini masih tetap gemerlap di 2015. Berbagai model pun terus bermunculan dan digandrungi para pecintanya.

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Namun, dari sekian banyak model modifikasi pada sepeda motor, gaya Scrambler klasiklah yang dinilai paling dominan diincar para bikers.

Hal itu disampaikan Ariawan Wijaya, builder Bengkel Motor Sport, yang bermarkas di Jakarta Barat. Ia mengatakan jika model itulah yang tengah diminati saat ini.

Beberapa motor anyar yang disulap menjadi bentuk klasik dikatakan memiliki daya tarik tersendiri.

"Modifikasi ini menyasar bentuk bodi yang dirombak secara menyeluruh. Ciri khas lain dari modifikasi tersebut yakni ban yang lebih tebal dan lebar, lalu tangki bensin kecil, serta tempat duduk si pengendara yang lebih sederhana," ujar Ariawan kepada VIVA.co.id.

Diakui Ari, tren modifikasi memang berkembang mengikuti selera pasar, walaupun tidak semua pecinta modifikasi mengikutinya.

Alasan Motor Custom Begitu Digandrungi Artis Indonesia

"Modifikasi itu biasanya tergantung selera sang pemilik. Ada juga yang
mengombinasikan modifikasi klasik dengan aliran yang lain," kata dia.

Ia mengaku kerap kebanjiran konsumen, terlebih jika akhir pekan tiba. Ada yang mengambil pesanan, ada pula yang coba dibuatkan motornya bergaya Scrambler klasik. Kata dia, meski perekonomian di Tanah Air tengah lesu, dunia modifikasi motor tak terpengaruh.

"Meskipun dolar naik, modifikasi lumayan sih untuk tahun ini, lancar," ujar Ariawan.

Hal senada juga disampaikan Donny, builder rumah modifikasi Hantu Laut, yang terletak di kawasan Haji Nawi Raya, Jakarta Selatan. Kata dia, konsep Scrambler dan Street Tracker terus menggurita belakangan ini. Berbeda dengan gaya Cafe Racer yang sempat populer sebelumnya.

"Saat ini modifikasi cenderung ke arah Scrambler atau Tracker. Sebenarnya alirannya tidak jauh berbeda, masih sama-sama classic look, tetapi ada cirinya masing-masing," kata Ariawan.

Street Tracker sendiri merupakan gaya semi trail hasil pengawinan motor tracker dengan motor jalanan.

"Salah satu ciri khasnya, penampilan trail jadul dengan ground clearence tinggi seperti motor trail, tetapi bannya bukan penggaruk tanah, ban biasa," kata dia. (ase)

Harley Davidson Bercita Rasa Italia
Press conference acara Suryanation Motorland 2016.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Acara akan digelar di delapan kota besar.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016