5 'Dosa' Biker pada Motor

Biker cewek
Sumber :

VIVA.co.id - Sepeda motor saat ini kian menjamur di jalanan. Karena murah dan mudah digunakan, sepeda motor menjadi pilihan banyak orang untuk menemani mereka beraktivitas dari satu tempat ke tempat lainnya.

Namun demikian, meski sering digunakan, banyak pemilik motor yang mengabaikan perawatannya. Alhasil, motor pun jadi tak awet dan performanya mudah menurun.

Dilansir Thenewswheels, Kamis 17 Juni 2015, terdapat lima hal sederhana yang sering diabaikan para bikers terhadap motornya. Apa saja? Baca selengkapnya di bawah ini:

1. Tekanan angin ban


Tekanan angin pada ban merupakan hal sederhana yang harus tetap diperhatikan. Sering kita temukan pengendara yang abai terhadap kondisi angin ban motornya. Padahal, apabila Anda menggunakan sepeda motor dengan ban kempis, risikonya sangat besar. Yakni; bahan bakar boros, serta laju kendaraan yang berat, hingga kecelakaan.

2. Minyak rem kosong

Minyak rem merupakan salah satu hal yang kerap dilupakan pemilik sepeda motor. Padahal, rem pada sebuah kendaraan merupakan hal penting, karena meningkatkan risiko fatal jika tidak berfungsi dengan baik.

3. Terbengkalai saat tak digunakan

Banyak pengendara motor yang tak peduli pada motornya saat tak digunakan. Dibiarkan kepanasan, kehujanan, hingga sebagainya. Sebaiknya, pastikan motor selalu dalam kondisi yang baik, termasuk saat sedang tidak digunakan. Simpanlah motor di tempat teduh yang terhindar dari cuaca tidak bersahabat dan dapat merusak cat.

4. Bensin sering kosong

Usahakan selalu periksa bahan bakar setiap kali Anda hendak menggunakannya. Jangan sampai motor mengalami mogok karena tidak ada bensin. Banyak kasus, pengendara membiarkan motornya berjalan dengan bensin yang minim.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Yang pasti, usahakan jangan sampai tangki kendaraan kosong, karena ini akan berpengaruh terhadap mesin kendaraan.

5. Baut kendor

Baut yang kendor merupakan momok setiap pengendara. Karena, akan mengganggu perjalanan. Jika pada bodi, tentunya akan bergetar dan berisik. Sementara pada perangkat lain, tentu akan bermasalah dan meningkatkan risiko buruk di jalan.

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017