Alasan Yamaha Turunkan Spek Mesin Byson

Byson Fuel Injection
Sumber :
  • Herdi/VIVA.co.id
VIVA.co.id
Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty
- All new Byson
Fuel Injection
JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun
(FI) akhirnya meluncur di Indonesia dengan harga Rp21,65 juta on the Road
Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?
Jakarta. Motor sport bergaya touring ini ditargetkan terjual hingga 2.000 unit per bulan.

Jika dilihat dari bentuknya, Byson terbaru tak banyak berubah, namun setelah dilihat dari dekat desainnya tampak baru. Ini tak lain karena Byson anyar mencomot filosofi desain diamond
cutting edge,
yang membuat desain lekuk tajam dan berotot, hingga ubahan pada lampu-lampu, jok, dan juga knalpot.


Namun yang membuat pertanyaan, dengan mengusung Byson
fuel injection
ternyata kapasitas mesin lebih kecil dari model lama. Jika Byson karburator mengusung mesin 153cc, maka untuk varian FI kini hanya 149,3cc. Serta tenaga dari 10,1 kW menjadi 9,61 kW dan torsi dari 13,6 Nm menjadi 12,98 Nm.


Menanggapi hal tersebut, GM Technical Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, rupanya tak menampik dengan adanya penuranan spek. Namun, kata dia, hal ini justru meningkatkan performa.


"Walau ada pengurangan, tapi rasio jauh lebih baik. Salah satunya akselerasi lebih baik 0-400 km bisa 1 detik lebih baik. Byson FI ini juga bobotnya lebih ringan 3 kg karena dikurangi dari beberapa bagian seperti karburator dan frame," ujar Abidin saat peluncurannya di kawasan Ancol, Jakarta, kemarin.


Abidin juga menyatakan, dengan mengusung teknologi
fuel injection,
Byson FI selain lebih cepat namun juga lebih irit hingga 18 persen dari model sistem karburator. Motor ini juga telah lulus uji emisi Euro3.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya