Industri Otomotif Lesu, Penjualan Motor Turun 20 Persen

Pemerintah Minta Ekspor Sepeda Motor Tembus 2 Juta Unit
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Penjualan kendaraan roda dua diprediksi mengalami masa suram pada tahun ini. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI), sebanyak 482.691 unit sepeda motor berhasil terjual pada Mei.

Jumlah tersebut menurun bila dibandingkan April, yang mampu terjual sebanyak 538.746 unit.

Kenyataan menurunnya penjualan kendaraan bermotor dialami juga oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Sugianto, Senior Vice President Adira Dinamika mengatakan, penjualan pada kuartal pertama tahun ini mengalami penurunan cukup besar.

“Penjualan motor ini mengalami penurunan, sekitar 20 persen. Hampir sama dengan AISI sekitar 20-26 persen. Kami juga sama,” ujar Sugianto saat berbincang dengan VIVA.co.id, di kawasan Semanggi, Jakarta, Jumat 19 Juni 2015.

Penyebab utama menurunnya penjualan motor di Indonesia, diakui Sugianto, dikarenakan naiknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

“Perekonomian yang lesu merupakan salah satu faktor besar menurunnya penjualan sepeda motor. Nilai tukar rupiah yang tinggi terhadap dolar Amerika Serikat memang sangat berpengaruh,” kata Sugianto.

Namun, pihaknya tetap optimistis dengan penjualan motor saat memasuki kuartal kedua tahun ini. Hal tersebut didukung dengan hari raya Idul Fitri pada Juli mendatang. (ase)

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Pemerintah tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016