Canggih, Fitur Ini Bikin Motor Stabil di Tikungan

BMW R 1200 GS
Sumber :
  • Dok: BMW Motorrad

VIVA.co.id - Saat mengendarai motor, salah satu situasi yang cukup berbahaya adalah melalui sebuah tikungan, terutama jika kondisi jalan saat itu basah atau licin. Bila tidak hati-hati, maka roda depan maupun belakang motor akan dengan mudah kehilangan traksi, membuat pengendaranya tersungkur ke aspal.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Namun, kini, Bosch baru saja mengembangkan sistem baru untuk mencegah terjadinya insiden tersebut. Dilansir dari Motorbeam, Rabu 24 Juni 2015, perusahaan asal Jerman tersebut mengumumkan tengah mengembangkan sistem pengendali laju sepeda motor terbaru.

Sistem yang diberi nama Motorcycle Stability Control (MSC) ini cara kerjanya mirip dengan sistem Electronic Stability Program (ESP) yang umum diterapkan pada mobil. Fungsi dari sistem ini adalah membuat kendaraan menjadi lebih stabil saat melalui sebuah tikungan, dengan cara menjaga agar roda tidak kehilangan traksi.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Untuk dapat melakukan hal ini, sistem dilengkapi dengan sensor gyroscpoe yang mampu mendeteksi perubahan sudut posisi benda. Jika motor menikung terlalu dalam, maka komputer akan otomatis membatasi tenaga mesin dan juga rem.

Sebenarnya Bosch sudah pernah melakukan ini sebelumnya, namun biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati fitur ini sangatlah mahal. Yang sedang dikembangkan oleh mereka saat ini adalah sistem yang sama, namun dengan harga yang jauh lebih murah.

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Namun, untuk bisa bekerja maksimal, sistem membutuhkan kerjasama dari sistem rem canggih, yakni Anti-lock Braking System atau ABS. Saat ini, ABS versi murah sudah mulai dipasarkan oleh Bosch. Perbedaan ABS murah dengan versi mahal adalah jumlah roda yang dikendalikan.

Rencananya, Bosch akan selesai menyempurnakan sistem MSC pada 2016 mendatang, dan mulai mendistribusikannya satu tahun kemudian. (one)

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016