Alasan Polisi Larang Motor Gede Masuk Jalan Tol

Touring komunitas moge/Ilustrasi.
Sumber :
  • Westofthei

VIVA.co.id - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri menyatakan jika keinginan para pemilik motor gede (moge) untuk dapat menggunakan akses jalan tol tak bakal terwujud.

Tips Naik Motor Gede Ala Si Cantik Nabila Putri

Sebab, keinginan itu dianggap berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan di jalan bebas hambatan tersebut.

Menurut Kabid Manajemen Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Korlantas Mabes Polri, Kombes Pol Unggul Sediyantoro, kendaraan roda dua tidak bisa lewat tol dikarenakan kondisi jalan bebas hambatan didesain tidak untuk dilintasi kendaraan roda dua, sehingga berbahaya apabila melintas.

"Sesuai dengan rambu dan undang-undang, jalur tol itu untuk kendaraan roda empat ke atas. Kenapa demikian, karena jalur jalan tol sendiri memang didesain untuk dilewati dengan kecepatan agak tinggi, dengan kecepatan minimal 60 kilometer per jam. Sehingga sangat berbahaya apabila motor juga menggunakan jalan tersebut," ujar Unggul saat ditemui di Kuningan, Jakarta, Kamis malam, 9 Juli 2015.

Selain itu, Unggul juga mengatakan, minimnya pelindung bagi kendaraan roda dua menjadi salah satu pertimbangan serius mengapa peraturan lalu lintas melarang kendaraan roda dua khususnya moge menggunakan jalan tol.

"Motor atau moge itu tidak ada pelindung pengemudi, paling cuma helm, rentan terjadi kecelakaan. Karena motor sendiri memiliki bentuk dan posisi yang berbahaya apabila dibawa dengan kecepatan terlalu tinggi. Selain itu, ya tadi, karena desain jalannya untuk kecepatan tertentu," kata dia.

Sebelumnya, lima komunitas moge di Indonesia, yakni; Motor Besar Club Indonesia (MBC), Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI), Harley Owners Group (HOG), Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) dan Mabua Harley Davidson Group meminta pemerintah memberikan akses untuk dapat melintas di jalan tol.

Mereka beralasan jika di sejumlah negara, moge diperbolehkan untuk masuk jalan tol. Selain itu, karena kapasitas mesinnya yang besar dan harganya yang setara dengan mobil, mereka merasa berhak mendapatkan fasilitas itu, termasuk pembayaran pajak yang telah mereka lakukan. (ase)

Gading Marten

Moge Spesial Gading Marten, Bikin Ingat Anak-Istri

Dia memodifikasi modenya dengan gaya bobber atau montok.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016