Ini Keunggulan Rem Tromol Dibanding Cakram

Rem tromol sepeda motor
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id - Zaman dahulu, satu-satunya jenis rem yang digunakan untuk memperlambat laju kendaraan adalah model tromol. Namun meski setelah itu hadir rem jenis cakram yang secara performa lebih baik, keberadaan rem tromol masih tetap ada hingga saat ini.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir dari Welovehonda, Kamis, 23 Juli 2015, rem tromol adalah rem yang bekerja atas dasar gesekan antara kampas rem dengan tromol (drum), yang ikut berputar dengan roda kendaraan, sehingga diharapkan dapat mengurangi laju motor secara perlahan.

Rem tromol adalah sistem yang banyak digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin kecil. Sistem rem ini juga dikenal sebagai sistem rem yang murah, namun kurang mumpuni untuk melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, kecuali untuk tipe tertentu. Sistem rem ini tidak terlihat dari luar, karena berada di dalam komponen roda kendaraan.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Kelebihan dari rem tromol jika dibandingkan dengan rem cakram adalah karena sifatnya yang tertutup, sehingga tidak mudah disusupi kotoran ataupun debu. Kinerja pengeraman pada rem tromol lebih lembut dan penampang pengereman dapat dibuat lebih lebar untuk memaksimalkan pengereman.

Selain itu, rem tromol juga mampu menahan beban yang cukup besar. Buktinya, rem tromol masih banyak digunakan pada kendaraan berat seperti truk atau bus.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Bagaimana dengan kekurangannya dari rem tromol? Mengingat tidak seluruhnya kampas rem menempel ke tromol roda, akibatnya daya pengereman pada rem tromol cuma 70 persen saja. Namun angka ini dirasa cukup untuk diaplikasikan pada rem belakang, baik motor maupun mobil, karena rem belakang memang butuh daya pengereman yang lebih sedikit. (ms)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016