Motor-motor Bekas yang Harga Jualnya Masih Tinggi

Yamaha RX King.
Sumber :
  • www.modifmotor.com

VIVA.co.id - Sepeda motor bekas sejatinya memiliki harga jual yang melorot ketika dilego. Hal itu lumrah, karena bekas pakai dan kondisi yang tak lagi sempurna, baik pada bagian bodi hingga urusan mesin.

Namun, dari sekian banyak sepeda motor yang ada di Indonesia, ada beberapa motor bekas yang masih terkenal memiliki harga 'tinggi'. Bahkan, motor-motor tersebut sudah tak lagi diproduksi.

Kali ini VIVA.co.id mengulas sederet motor-motor dengan harga jual masih tinggi. Data diperoleh dari penelusuran di sejumlah lapak online kenamaan di Tanah Air.

Posisi pertama ada pada Yamaha RX King. Motor yang dijuluki kendaraan jambret ini rupanya masih dikenal mahal di kalangan pecinta roda dua. Paling dicari yakni RX King 2008. Sebab, tahun tersebut merupakan terakhir kalinya 'Raja Jalanan' itu diproduksi sebelum akhirnya dihentikan.

Menurut Ketua Umum Yamaha RX King Club Independent (YRCI), Muhammad Imron alias Ompong, meski tak lagi diproduksi, peminat sepeda motor ini masih tinggi. Tak heran jika harga motor bekasnya saja tergolong berharga mahal.

"Motor RX-King bekas yang biasanya memiliki harga jual tinggi itu berkondisi standar pabrikan. Artinya, tidak dimodifikasi yang macam-macam atau dioprek mesinnya, atau mengubah bentuk aslinya. Di kalangan penghobi saja, motor ini bisa dihargai Rp25 juta tahun 2008," ujar Ompong saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Kendati demikian, jika mengamati di bursa motor bekas, Yamaha RX King kebanyakan dijual dengan banderol Rp11-Rp12 jutaan untuk tahun 2002-2003. Sementara untuk rakitan 1992, dijual dengan banderol Rp8 jutaan.

Di posisi selanjutnya ada Honda NSR RR 150 Astra. Dari hasil penelusuran, edisi tahun 2000-lah yang paling diburu pecinta roda dua. Bahkan, harga motor dari pabrikan sayap mengepak itu bisa dijual dengan banderol Rp20,5 juta.

Daftar Motor yang Harga Jualnya Jatuh, Ada Honda dan Yamaha

Namun jika dilihat harga pasarannya, kebanyakan penjual melego motor ini dengan harga Rp10-Rp15 jutaan. Harga yang tergolong tinggi untuk motor sport uzur.

Selanjutnya >>> dari Kawasaki...

Pabrikan 'geng hijau' Kawasaki juga memiliki sepeda motor yang cukup legendaris, yakni Ninja RR. Motor berkubikasi 150cc yang telah dihentikan produksinya lantaran terganjal aturan emisi gas buang itu dikenal masih berharga tinggi.

Dari penelusuran, Kawasaki Ninja RR untuk produksi 2005 saja masih laris di kisaran angka jual Rp15 juta. Harga di atas tentu dengan kondisi yang masih terbilang prima.

"Peminatnya masih cukup tinggi. Banyak konsumen membeli motor itu karena dianggap bakal langka dan menjadi mahal di kemudian hari. Kami berharap dapat menjadi legendaris seperti Yamaha RX-King," ujar Steven Suprapto, Marketing Head Kawasaki Sentra Cipinang saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Motor bekas berstatus harga jual tinggi juga laik disandang Honda Tiger. Meski telah 'disuntik mati' dan tak lagi diproduksi, peminatnya masih cukup tinggi.

Daftar Motor Bekas Paling Banyak Dicari

Menurut Erwin Junia, pemilik diler motor bekas Rabel, di Jalan Palmerah Barat No 86 Rawa Belong, Jakarta Barat, Tiger diminati kalangan komunitas yang doyan modifikasi.

"Tiger dikenal sebagai motor 'laki', yang dicari justru Tiger rakitan lama. Kalau Tiger tahun baru jarang yang cari," kata Erwin kepada VIVA.co.id.

Menurut Erwin, pencari Tiger biasanya berasal dari komunitas yang suka modifikasi. Motor ini pun terbilang menarik jika dimodifikasi bergaya Retro, Jap Style, hingga Cafe Racer.

"Kalau bukan untuk modif, biasanya orang di luar Jakarta yang cari motor Tiger, tapi barangnya sendiri jarang dan termasuk langka," ujar Erwin. (ase)

Jual beli motor bekas.

Tips Membeli Motor Bekas agar Tak Ditipu Penjual

Namanya juga bekas, semua tidak bisa dijamin kondisinya.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016