Untung Rugi Memiliki Motor Berpenggerak Gardan

Penggerak gardan pada motor BMW.
Sumber :
  • Bikesindia

VIVA.co.id - Jika kita perhatikan, motor-motor yang dibuat beberapa puluh tahun yang lalu, tidak memakai rantai sebagai penggerak roda belakang. Yang ada, hanyalah lengan ayun berukuran besar berisi penggerak gardan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir dari Bikesindia, Selasa 27 Oktober 2015, sistem penggerak gardan yang digunakan pada motor cara kerjanya sama seperti yang terdapat pada mobil. Batang besi dengan gir di kedua ujungnya, berfungsi menghubungkan transmisi dengan roda belakang.

Saat ini, hanya ada beberapa produsen motor yang masih memakai sistem ini, salah satunya adalah BMW Motorrad.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Menurut hasil penelitian maupun uji coba yang dilakukan selama ini, penggerak gardan kurang efisien ketimbang rantai, atau sabuk. Hal ini disebabkan, ada tenaga yang hilang akibat digunakan untuk memutar batang besi.

Meski demikian, penggerak gardan juga memiliki keunggulan. Salah satunya adalah berkaitan dengan suara yang dihasilkan. Karena penggerak ini berada di sebuah wadah yang tertutup, maka tingkat kebisingan yang dihasilkan lebih kecil dibanding rantai.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Keunggulan lainnya adalah sistem ini tidak memerlukan perawatan yang intensif. Wadah gardan berisi oli yang bertugas melumasi gir, dan hanya perlu diganti tiap beberapa ratus ribu kilometer saja.

Selain itu, pengendara juga tidak perlu khawatir akan debu dan kotoran yang bisa menimbulkan selip pada sabuk, atau rantai yang putus maupun longgar. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016