Ini Model Jas Hujan yang Aman Buat Pengendara Motor

Produksi Jas Hujan Meningkat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Musin hujan membuat para pengendara sepeda motor mulai membekali diri dengan pakaian khusus yang bisa melindungi mereka dari guyuran air.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Jas hujan menjadi kebutuhan primer bagi pengendara sepeda motor, terlebih dengan padatnya aktivitas jalan di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Saat ini, terdapat berbagai jenis jas hujan, mulai dari jas hujan setelan atas bawah, sampai jas hujan terusan yang dapat digunakan oleh pengendara dan penumpangnya. Namun, jas hujan seperti apa yang paling aman untuk pengendara sepeda motor?

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), Edo Rusyanto, mengungkapkan, bila jas hujan yang aman untuk pengendara sepeda motor adalah jas hujan yang tidak mengganggu pengendara saat memacu kendaraannya.

“Memakai jas hujan yang ideal sebaiknya tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala, hingga seluruh tubuh ketika bersepeda motor. Jas hujan yang terdiri dari bagian celana dan bagian jaket bisa menjadi pilihan. Artinya, sebisa mungkin yang membuat tubuh rileks dan tidak tembus air,” ungkapnya saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 9 November 2015.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Selain itu, Edo juga mengimbau seluruh pengendara sepeda motor untuk memilih warna jas hujan yang dapat terlihat saat hujan deras. Hal ini untuk menghindari adanya kecelakaan karena jarak pandang yang terbatas.

“Upayakan jas hujannya memiliki unsur yang bisa berpendar ketika terkena cahaya. Konsep ini bagian dari upaya terlihat dan melihat ketika berlalu lintas jalan,” katanya.

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016