Motor Listrik Zero Pakai Baterai Buatan China

Isi ulang baterai Zero SR.
Sumber :
  • Krisna Wicaksono/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Hadirnya kendaraan berpenggerak motor listrik memang saat ini belum bisa menggantikan keberadaan kendaraan dengan mesin konvensional.

Bocoran Tiga Motor Listrik Baru yang Bakal Masuk Indonesia

Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat produsen kendaraan listrik untuk terus mengembangkan dan memproduksi, karena mereka percaya suatu hari nanti, kendaraan listrik akan menjadi tren.

Salah satunya adalah Zero Motorcycles, produsen motor listrik asal Amerika Serikat. Dilansir dari Autoevolution, Selasa 24 November 2015, meski mereka bangga dengan produk buatan AS, namun ada beberapa komponen yang ternyata dibeli dari China.

Tiga Motor Listrik Jepang yang Mejeng di GIIAS 2016

Salah satunya adalah baterai yang dipakai untuk menyimpan daya listrik. Menurut Vice President Global Marketing Zero Motorcycles, Scott Harden, mereka membeli sel baterai dari perusahaan Farasis yang berbasis di China.

"Saya bisa bilang bahwa kami memiliki baterai dengan kerapatan dan performa terbaik di dunia. Sel baterai kami beli dari Farasis, namun untuk membuatnya menjadi baterai, kami lakukan sendiri," ujar Scott.

Tampang Bengis Motor Listrik Zero Usai 'Ditelanjangi'

Zero memiliki fasilitas khusus untuk memproduksi baterai motor mereka. Sel yang mereka bel diatur sedemikian rupa agar ukurannya cukup kecil, namun memiliki kapasitas yang besar.

Bahkan Zero mengklaim, cara mereka membuat baterai jauh lebih efisien ketimbang yang dilakukan oleh pabrikan mobil listrik Tesla Motors.

Selain Zero, ternyata ada dua pabrikan motor listrik lain yang juga menggunakan baterai buatan Farasis, yakni Victory Motorcycles dan Brammo Motorcycles. Dua pabrikan ini rencananya akan segera menghadirkan model motor listrik perdana mereka dalam waktu dekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya