Ini Bahayanya Pakai Helm Half Face

Helm IOZ
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Pentingnya fungsi helm saat berkendara membuat industri helm maju pesat. Berbagai model mereka hadirkan, demi menarik minat pengendara motor.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Saat ini, ada beberapa jenis helm yang dijual di pasaran. Secara umum, bentuknya dibagi menjadi dua jenis, yaitu tertutup atau full face dan terbuka atau half face.

Helm half face memiliki keunggulan khusus, di mana pengendara bisa bernapas dengan lebih leluasa. Bahkan, saat ini sudah banyak dijual helm full face yang bisa dibuka bagian depannya, sehingga menjadi half face, atau biasa disebut dengan flip up.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Sayangnya, helm half face dianggap kurang mampu melindungi pemakainya. Dilansir dari Team-bhp, Kamis 10 Desember 2015, berdasarkan riset yang dilakukan oleh seorang peneliti keselamatan, Dietmar Otte, desain helm half face jauh dari sempurna.

Otte menemukan bahwa dari pengujian yang ia lakukan, zona helm yang paling banyak mengalami benturan adalah bagian dagu, yakni 34,6 persen. Sementara itu, peringkat kedua adalah bagian dahi, yang angkanya 18,3 persen.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

Dengan desain helm half face yang tidak memiliki pelindung dagu, maka pemakainya memiliki risiko lebih besar mengalami cedera.

Selain itu, menurut riset yang dilakukan sejumlah peneliti di Brasil, lebih dari 76 persen pengguna helm half face mengalami cedera otak saat mengalami kecelakaan.

Angka ini kurang lebih sama dengan jumlah pengendara yang mengalami cedera otak akibat tidak mengenakan helm. Bahkan, mereka berani menyatakan bahwa memakai helm half face sama saja seperti tidak mengenakan helm sama sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya