Fitur Canggih CB150R, Banyak yang Belum Tahu

Honda CB150R Spesial Edition.
Sumber :
  • Dok: Honda

VIVA.co.id - Honda tampaknya sangat percaya diri, saat meluncurkan versi terbaru dari CB150R Streetfire. Motor yang masuk dalam segmen sport ini dihadirkan untuk memenuhi hasrat pengendara motor yang ingin tampil gagah dan senang memacu adrenalin.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Tampil dengan berbagai perubahan, seperti desain yang lebih macho dan segudang fitur canggih, motor ini siap menghadang laju penjualan Yamaha Vixion.

Beberapa fitur baru yang dipasang pada motor ini adalah Dual Over Head Camshaft (DOHC), panel instrumen berbasis digital dan lampu berteknologi LED yang hemat energi.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Dilansir dari Welovehonda, Senin 14 Desember 2015, ternyata ada satu lagi fitur canggih yang diusung motor ini, namun belum banyak yang mengetahuinya. Fitur yang dimaksud adalah Bank Angle Sensor atau BAS.

Sesuai namanya, fitur ini bertugas untuk mendeteksi tingkat kemiringan motor. Komponen yang digunakan di antaranya pendulum, Integrated Circuit (IC) dan latch-up circuit.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Saat pengendara menikung terlalu dalam hingga motor terjatuh, fitur akan mendeteksi kemiringan motor. Apabila sudutnya melebihi 60 derajat, IC akan otomatis mengirim sinyal ke komputer motor untuk mematikan mesin.

Fitur ini dirancang untuk melindungi pengendara, agar tidak terjadi kecelakaan yang lebih fatal akibat roda belakang terus berputar. Contohnya, pengendara terluka akibat motor terus bergerak, atau timbul kebakaran akibat BBM yang tumpah.

Sebagai antisipasi, Honda merancang, agar fitur ini tidak aktif saat pengendara sedang menikung tajam. Caranya adalah dengan membuat sudut kemiringan pendulum berbeda antara motor menikung dan jatuh. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya