BMW Bikin Helm Canggih, Adopsi Pilot Pesawat Tempur

Helm BMW berteknologi HUD.
Sumber :
  • Carscoops

VIVA.co.id - Pameran teknologi terbaru yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, tidak hanya menampilkan produk-produk dari produsen elektronik dan gadget saja, akan tetapi juga beberapa penemuan terbaru yang berhubungan dengan otomotif.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Dalam pameran yang diberi nama Consumer Electronic Show (CES) 2016 tersebut, salah satu pabrikan otomotif asal Jerman, BMW, turut meramaikan acara, dengan memajang beberapa teknologi baru.

Dilansir dari Carscoops, Rabu 6 Januari 2016, divisi roda dua BMW, yakni BMW Motorrad, menghadirkan dua teknologi anyar seputar sepeda motor.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Pertama adalah helm yang dilengkapi dengan layar head-up display (HUD). HUD terdiri dari sebuah layar bening dan komputer kecil, yang dapat menampilkan berbagai informasi, tepat di depan mata pengendara.

Jenis informasi bisa dipilih, mulai dari kondisi motor, situasi jalan hingga kecepatan motor. Teknologi yang pertama kali digunakan oleh pilot pesawat tempur ini dibuat agar konsentrasi pengendara tetap terjaga.

Sangarnya Motor Antiteror Milik Polisi Inggris

Mereka tidak harus selalu menoleh ke arah bawah, hanya untuk memantau kecepatan atau peta. Informasi akan dipancarkan oleh proyektor mini ke layar yang ada di depan mata pengendara.

Teknologi kedua yang ditampilkan tidak kalah canggih. Lampu berteknologi Laser, yang awalnya dikembangkan untuk mobil BMW, kini juga bisa dipasang pada sepeda motor.

Motor yang dijadikan contoh oleh BMW Motorrad adalah K 1600 GTL, sebuah motor jenis cruiser yang biasa digunakan untuk bepergian ke luar kota.

Lampu ini diklaim lebih terang dua kali lipat dibanding lampu halogen biasa, dan dapat menerangi jarak hingga 600 meter.

Sayangnya, BMW belum berencana untuk memroduksi massal lampu ini, karena biaya yang dibutuhkan sangat tinggi.

BMW K 1600 GTL dengan lampu Laser.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya