Perbedaan Mencolok antara Yamaha Xabre dengan R15

Yamaha Xabre
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA.co.id - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan produk baru di Tanah Air, Xabre. Meski tampil mengusung gaya naked tanpa fairing, namun Xabre masih berbagi platform dengan R15, utamanya di sektor dapur pacu.

Kendati demikian, menurut General Manager (GM) Aftersales Service dan Motor Sport YIMM, M Abidin, meski disebut datang dari platform yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan. Sebut saja perbedaan di pengaturan Engine Control Unit (ECU). Selain itu, R15 dilengkapi fairing, Xabre tidak.

"Xabre memang diracik untuk extreme fun riding. Motor ini bukan lebih ke racing. Posisi duduk juga (pembesutnya) dipaksa tegak. Handle bar motor ini lebih besar, sehingga tangan yang mengendarainya harus melebar. Semua tampak fokus di bagian depan," kata Abidin, di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali, Selasa, 26 Januari 2016.

Ia menyatakan, perbedaan lainnya ada pada rear arm, dimana Xabre lebih panjang 15 milimeter ketimbang R15. Sedangkan gear ratio sama.

"Motor ini (Xabre) sekira 80 persen komponennya lokal, buatan Indonesia. Komponen Xabre di Thailand juga berasal dari Indonesia. Yamaha R15 saja yang merupakan basis Xabre juga menggunakan komponen dari Indonesia," kata dia.

Nantinya, Xabre juga diprediksi akan melakoni debutnya di sejumlah negara di Asia Tenggara. Tetapi, saat ini proses masih dalam tahap proyeksi.

Diketahui, Xabre mengusung mesin berkapasitas 150cc. Motor ini dijual dengan banderol sekira Rp29,8 juta on the road Jakarta.

Honda Siapkan Penantang Yamaha Xabre, Begini Wujudnya
Yamaha Xabre, ini merupakan niked bike dengan basis V-Ixion dan R15. Foto ilustrasi.

Yamaha Pamer Xabre Modifikasi, Silakan Dicontek

Xabre modifikasi dipamerkan di ajang BIMS 2016.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2016