Yamaha Serius Garap Teknologi Kendaraan 'Bisa Bicara'

Teknologi antarkendaraan Vienam.
Sumber :
  • Motorcycle

VIVA.co.id - Yamaha Motor baru-baru ini mengumumkan telah melakukan investasi sebesar US$2 juta terhadap sebuah perusahaan Amerika Silicon Valley Veniam. Diketahui, perusahaan tersebut selama ini mengembangkan teknologi antarkendaraan yang dapat terhubung. Dengan begitu, dimungkinkan satu kendaraan nantinya dapat saling berkomunikasi dengan kendaraan lainnya.

Seperti dilansir Motorcycle, Senin 22 Februari 2016, penanaman investasi tersebut dilakukan, mengingat potensi bisnis ke depan mobil otonomos, alias kendaraan bisa berjalan sendiri tentunya akan marak. Dengan teknologi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan menekan angka korban jiwa.

Langkah ini merupakan rencana lanjutan Yamaha, setelah Oktober lalu bekerja sama dengan BMW dan Honda untuk membentuk konsorsium sepeda motor yang terhubung dengan teknologi komunikasi ke depan. Untuk investasi Veniam berasal dari anak perusahaan Yamaha, yakni Yamaha Motor Ventures & Laboratorium Silicon Valley Inc.

Sementara itu, Veniam saat ini masih fokus melakukan pengembangan kendaraan yang saling terhubung dengan proyek terbesar di Porto, Portugal. Dengan masuknya dana-dana investasi baru, perusahaan itu akan memperluas kerja dan jaringan nirkabel di New York, Singapura, Barcelona dan London.

"Kami akan buat sistem mobilitas perkotaan dengan teknologi nirkabel. Dengan begitu, masalah-masalah pada kendaraan otonom di jalan dapat ditangani," kata Joao Barros, pendiri dan Chief Executive Officer Veniam. (asp)

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016
Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016