Motor Mogok Saat Menerjang Banjir, Lakukan Hal Ini

Banjir di kawasan Sultan Iskandarsyah, Kebayoran Lama, Jaksel terendam banjir.
Sumber :
  • Irwandi Arsyad
VIVA.co.id
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
- Memasuki musim penghujan, beberapa wilayah di Indonesia khususnya di ibu kota biasanya terendam banjir. Namun, sebagian pengendara motor nekat menerobos banjir untuk tetap menjalani aktivitasnya untuk menyambung hidup.

Menguak Mitos Hidupkan Motor Lebih Baik Diengkol
Karena tingginya genangan yang dilintasi, banyak pengendara motor yang kemudian bernasib sial, kendaraannya mogok di tengah banjir. KEtika mengalami hal tersebut janganlah panik. Sebab, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar mesin motor dapat kembali hidup.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
Menurut Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman menjelaskan, setelah terandam banjir jangan memaksa menghidupkan motor dengan cara mengengkol atau distater. 

"Karena ada kemungkinan air masuk ke dalam ruang bakar, kemudian tidak terjadi kompresi dan pembakaran yang akan mengakibatkan terjadinya tekanan berlebihan yang dapat menyebakan stang seher patah," ungkapnya kepada VIVA.co.id, Minggu 28 Februari 2016.

Untuk mengatasi hal tersebut, Ade menambahkan, pengendara dapat melakukan hal sederhana, yakni dengan membuka busi dan mengganti oli mesin yang baru. 

"Cek sistem pengapian dan bahan bakar setelah oke barulah dihidupkan. Jangan mogok langsung dihidupkan, periksa terlebih dahulu," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya