Motor Klasik Mahal Harganya, Investasi Menjanjikan?

Vespa world days.
Sumber :
  • Dokumentasi Vespa

VIVA.co.id - Masih ingat dengan Yamaha RX King milik warga Surakarta, Jawa Tengah yang laku terjual hingga Rp70 juta? Si penjual, Afrizal Alies menjual RX King tersebut dengan kondisi yang benar-benar spesial. Keistimewaannya yakni, RX King tersebut belum sama sekali dipakai sejak dibelinya.

Angka di odometer pun masih 0 kilometer. Tak heran peminat berani menawar motor tersebut dengan harga fantastis.

Aprindo: Pusat Belanja dan Mal Buka Seperti Biasa

Kejadian itu memang terdengar menarik dan membuat sebagian orang berpikir untuk melakukan investasi melalui sepeda motor klasik. Sebab, saat ini di pasaran tak cuma RX King saja yang memiliki harga jual tinggi, Vespa pun di kalangan pencintanya juga demikian.

Namun, apakah sebenarnya motor klasik benar-benar menguntungkan dan bisa dijadikan sebuah investasi?

Menanggapi hal itu, Perencana Keuangan, Ady Nugroho mengatakan, motor klasik bisa jadi investasi menjanjikan jika yang melakukan adalah kolektor. Sementara yang hanya sekadar coba-coba, tentunya tidak akan menguntungkan.

"Sebenarnya kita harus melihat siapa yang investasi. Sebagai contoh kita kemarin melihat batu akik ramai sekali peminatnya, tapi sekarang sudah redup. Tapi redup itu tak akan berlaku bagi para penghobi atau kolektor, tetap saja sama," kata Ady kepada VIVA.co.id.

Kata Ady, motor klasik saat ini sebenarnya pasarnya tetap ada. Tetapi yang harus diperhatikan adalah pasarnya, dimana memasarkannya dan harus melihat karakter pembelinya.

Jika pembeli benar-benar merupakan penghobi berat, tentu motor itu akan menjadi investasi yang menjanjikan. Sementara di tangan pembeli yang tak terlalu suka, tentu tak akan dihargai meskipun motor benar-benar tua atau bersejarah sekalipun.

"Kalau dia adalah kolektor sesungguhnya, tentu ada masa dimana dia bisa mengambil keuntungan dengan menjual barangnya tersebut, karena pasti harganya naik dan barang seperti ini tidak ada harga patokannya, seperti barang baru kan, saat itulah bisa dibilang ini investasi. Namun itu tadi, ada kalanya itu hanya sebuah fenomena lalu redup," kata Ady.

Untuk mengukur harga motor akan menjadi investasi yang menjanjikan, tak hanya dilakukan dalam kurun waktu yang relatif singkat, seperti satu atau dua tahun.

"Motor klasik itu mahal karena image motor itu sendiri, seperti Vespa memiliki image motor anak gaul zaman dulu, tetap saja sampai sekarang digunakan dan dicari anak-anak muda karena kesan gaul tersebut," kata dia.

Motor juga akan menjadi mahal karena faktor lain, seperti siapa pemilik sebelumnya. Jika motor yang dijual merupakan tokoh terkenal dan populer, tentu harganya bisa sangat mahal.

Minat Investasi Tak Terpengaruh Aksi Demo 4 November
toko di pasar Senen

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi

Hanya fenomena politik jelang pilkada.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016