Aplikasi Ini Bisa Hidup dan Matikan Motor dari Jarak Jauh

Yamaha Mio Z yang sudah dilengkapi dengan aksesori RTX.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVAcoid

VIVA.co.id – Aksi kejahatan berupa pencurian sepeda motor marak belakangan ini. Meski pabrikan sudah membuat berbagai perangkat keamanan, selalu saja ada cara baru yang dilakukan para bandit untuk mendapatkan motor yang diincar.

Yamaha Luncurkan Aksesori Canggih buat Motor

Ada salah satu solusi yang ditawarkan RTX (Research, Technology dan eXprets). Produsen aksesori khusus Yamaha itu menghadirkan Smart Bike. Perangkat keamanan itu memungkinkan pemilik sepeda motor untuk mengaktifkan dan mematikan motor dari jarak jauh hanya dari telepon genggam.

"Smart Bike ini membuat komunikasi antara pemilik dan motornya. Bahkan, Smart Bike, bahkan bisa melacak keberadaan motor yang dibawa kabur pencuri," kata Alan, penggawa RTX, saat peluncuran aksesori RTX di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat, 20 Mei 2016.

Bikin Yamaha XSR155 Kelihatan 'Jadul', Ini Kisaran Biayanya

Dijelaskan, Smart Bike merupakan salah satu aplikasi yang terdapat pada telepon seluler (ponsel) berbasis Android dan iOS yang tersambung langsung dengan sepeda motor menggunakan modul khusus.

Tak cuma sekadar peranti keamanan, Smart Bike juga bisa membantu pemilik motor untuk menginformasikan segala hal tentang kuda besi miliknya. “Artinya, rider nanti akan mendapatkan pemberitahuan pada handphone mengenai masalah motor, mulai dari penggantian oli, rem, ban dan lainnya,” kata dia.

Berburu Knalpot Rp400 ribuan di Kebon Jeruk Jakarta

Untuk pemasangan, tergolong mudah, sebab menggunakan modul plug-in yang sudah tersedia. Hanya saja, Smart Bike sejauh ini baru dibuat khusus sepeda motor Yamaha dengan kapasitas mesin di bawah 250cc.

Selain itu, Smart Bike ini harus dibeli secara paket dengan beberapa aksesori RTX lainnya yang telah ada pada Yamaha Mio Z dan Soul GT125 limited edition versi RTX.

Karena dijual secara paket, harga yang ditawarkan Mio Z dan Soul GT125 dengan perangkat RTX ini lebih mahal Rp2 juta dari harga standar pasaran motor tersebut. Adapun, aksesori paket bersamaan dengan Smart Bike yang ditawarkan RTX mencakup back mirror blue grass, Bluetooth, front brake hose, hand grip, license plate, fog light LED, phone holder, rear shock absorber, spot light, wheel decal, dan portable USB.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya