Jangan Lumasi Rantai Pakai Oli atau Gemuk

Rantai motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id - Rantai merupakan bagian penting pada sepeda motor, karena memiliki fungsi menggerakan roda belakang. Merawat rantai motor adalah salah satu syarat agar motor kesayangan dapat tetap melaju di jalan raya secara optimal.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Mekanik bengkel Muara Besar di Cipinang Timur, Jakarta Timur, Alex menjelaskan, umur pakai rantai motor sebetulnya tergantung perawatan yang dilakukan oleh pemilik. 

Menurutnya, selama ini banyak pengguna motor yang salah kaprah melumasi motor dengan oli bekas atau gemuk (sejenis pelumas).

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Gemuk itu memang murah, dan oli bekas juga tidak perlu beli. Tapi, bukan memperpanjang umur pemakaian, justru malah kekuatan rantai motor berkurang dan cepat rusak," kata Alex saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu 10 Agustus 2016.

Rantai motor yang menggunakan oli bekas atau gemuk, ka atAlex, justru rentan terhadap debu yang menempel. Ini karena sifat oli bekas dan gemuk yang lengket, sehingga memudahkan debu cepat menempel ke rantai.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Ini bisa membuat gear cepat rusak. Lama kelamaan jadi putus rantainya," ujarnya.

Maka dari itu, Alex menyarankan untuk melumasi rantai dengan cairan khusus, agar kondisi rantai motor tetap awet dan bersih.

"Lebih baik pakai chain lube. Lebih bersih rantainya, kalau gemuk kan lengket. Rantai kering, cepat aus nantinya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya