Pakai Aksesori Motor Ini Saat Hujan, Anda Bisa Celaka

Pengendara motor melaju di tengah hujan deras
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA.co.id – Tidak sedikit pemilik motor yang memasang aksesori atau komponen aftermarket pada tunggangan mereka, agar terlihat lebih keren. Sayangnya, tidak semua modifikasi cocok untuk digunakan saat musim hujan.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Instruktur Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati, Muhammad Ady S, mengatakan, motor yang paling aman digunakan saat musim hujan adalah motor standar pabrik. Menurutnya, modifikasi sah-sah saja dilakukan, asalkan efektif digunakan setiap saat.

Salah satu aksesori yang berbahaya digunakan saat musim hujan, ungkap Ady, adalah kaca spion yang berukuran kecil. Spion kecil akan membuat pengendara sulit memantau situasi di belakang, terutama saat hujan turun deras.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Selain itu, penggantian ban juga harus memperhatikan faktor cuaca. "Ganti ban masih boleh. Tapi, tidak dengan ukuran kecil, karena berpotensi selip saat melintas di jalan licin," ujarnya.

Jenis modifikasi lain yang kurang ideal digunakan saat musim penghujan adalah lampu yang memancarkan cahaya berwarna putih.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Cahaya putih tidak bisa menerangi jalan secara jelas, karena air akan membuat cahaya memantul. Akibatnya, pengendara tidak bisa melihat situasi jalan yang ada di depannya.

Selain itu, lampu dengan intensitas yang sangat terang bisa mengganggu pengguna jalan lainnya. Air hujan bisa membuat cahaya tersebut jadi menyilaukan, sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024