Jangan Ngaku Biker Kalau Tak Tahu Fungsi Jalu Setang

Jalu setang (paling kanan).
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Bagi pengendara sepeda motor, Anda pasti akrab dengan jalu setang alias bar-end. Komponen ini berada di ujung setang, baik kiri dan kanan. Kendati demikian, banyak juga pemilik sepeda motor yang tak mengetahui fungsi penting jalu pada setang.

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Yang pasti, komponen yang bisa dibongkar pasang dengan mudah ini bukan hanya sekadar hiasan. Sebagian pengendara memilih melepasnya, karena dianggap mengganggu handling.

Dilansir Welovehonda, jalu setang ternyata berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan motor saat dipacu. Apabila dilepas dipastikan motor yang Anda gunakan bakal tak sestabil menggunakan jalu setang. Apalagi jika motor yang digunakan berjenis sport.

2 Sepeda Motor Baru Honda Resmi Terdaftar di Indonesia

Balancer yang dibuat dengan bentuk dan desain khusus ini, biasanya memiliki “berat” yang dapat memberikan suatu keseimbangan pada kemudi atau kestabilan setang motor. Di samping itu, dengan menggunakan alat balancer ini bisa mengurangi getaran kemudi motor, agar setang menjadi lebih stabil dan nyaman saat dikendarai.

Meski dengan adanya bar-end motor bakal terasa menjadi lebih lebar, namun justru dengan adanya komponen ini motor akan menjadi lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan. Sebab, selain bertujuan untuk mengurangi getaran pada setang dan menambah kestabilan, bar-end dapat menjadi proteksi ketika motor terjatuh.

Pengendara Motor yang Mudik akan Dikawal Polisi
Kendaraan milik pengemudi sedan yang hancur usai tabrak pengendara motor dan 3 pedagang di tangerang

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Pengemudi mobil sedan diamankan polisi setelah menabrak 3 pedagang dan pengendara roda dua yang sedang membawa penumpang, akibatnya satu orang dinyatakan tewas di tempat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024