Kebiasaan yang Bikin Jaket Waterproof Mudah Rusak

Ilustrasi mengendarai motor saat hujan.
Sumber :
  • Gearpatrol

VIVA.co.id – Seperti halnya kendaraan, perawatan pada jaket motor juga sangat diperlukan, untuk menjaga kenyamanan dan keamanan saat digunakan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Begitu vitalnya peran jaket motor bagi pengendara, sehingga membuatnya perlu mendapatkan perhatian khusus.

Namun, seiring waktu penggunaannya, terkadang Anda akan menemukan beberapa masalah, termasuk jaket waterproof yang mengalami rembes air.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Padahal, jaket ini terkenal dengan kekuatannya yang bisa menahan air hujan, sehingga pengendara tidak kebasahan. Lantas, kenapa bisa terjadi hal demikian?

Marketing Communication and Community Development Respiro Indonesia Tedy Suryadi mengatakan, banyak faktor yang bisa menjadi penyebab jaket waterproof mengalami bocor.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Sangat beragam. Pertama itu karena salah perlakuan. Misalnya, usai dipakai hujan-hujanan, jaket dilipat dan disimpan di bawah jok. Itu kan airnya masih ada. Kalau ditekan oleh jok, pasti kena panas dan memuai, akhirnya bocor,” katanya kepada VIVA.co.id, Sabtu, 10 Desember 2016.

Kedua, menurut Tedy, selepas menggunakan jaket, usahakan untuk tidak langsung terkena sinar matahari. Sebab, akan membuat jaket sulit beradaptasi dan membuat sealing getas dan rusak.

“Ada lagi yang naik motor dan kehujanan, kemudian jaket disimpan di atas motor. kalau motor kepanasan, kan akhirnya jadi cepat rusak, karena memuai. Nah kalau kayak begitu, bagusnya digantung saja biar terkena angin. Jangan kena matahari langsung,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya