Polisi Gunakan e-Samsat untuk 'Siksa' Para Calo

Pelayanan Samsat Outlet. [Ilustrasi]
Sumber :
  • http://samsat-cikarang.co.cc

VIVA.co.id –  Selain meluncurkan sistem Surat Izin Mengemudi (SIM) baru secara online, Korps Lalu Lintas Polri juga meluncurkan sistem administrasi manunggal satu atap elektronik atau e-Samsat pada Jumat 16 Desember 2016.

Kepala Polri, Jenderal Polisi Tito Karnavian mengungkapkan penerapan e-Samsat merupakan pengembangan dari Samsat yang telah ada. Selain itu, cara ini juga dianggap efektif untuk ‘menyiksa’ para calo.

Pembayaran pajak daerah dan registrasi kendaraan bermotor kini bisa melalui mesin anjungan tunai mandiri. Dengan kemudahan itu masyarakat dapat menyelesaikan kewajiban pajak kendaraan lebih praktis.

"Salah satu permasalahan adalah calo plus banyak komplain koruptif. Dengan sistem online ini, sentuhan calo-calo jadi berkurang," katanya di Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat 16 Desember 2016.

Dia mengharapkan dengan adanya e-Samsat dapat meningkatkan pendapatan negara baik dalam bentuk pajak maupun pendapatan negara bukan pajak (PNBP). "Salah satu penyumbang pendapatan terbesar di Jakarta terdapat di Samsat dari pajak kendaraan.”

Lebih jauh, Tito mengakui bahwa masih banyak calo dan oknum polisi yang bertindak koruptif sehingga kepercayaan masyarakat terhadap institusi korps bhayangkara itu menjadi menurun.

"Oleh karena itu, kami membuat tagline promoter bagaimana meningkatkan Polri lebih profesional, kedua melakukan modernisasi, sistem pelayanan publik, agar budaya koruptif menjadi lebih baik," katanya.

Viral Warga Protes Urus STNK Harus Bayar Parkir Langganan
Samsat Jakarta Barat

Telat Bayar Pajak Kendaraan, ke Samsat Jakarta Barat Aja Ada Layanan Hapus Denda dan Pemutihan

Samsat Jakarta Barat memberikan pelayanan kepada pemilik kendaraan roda empat dan roda dua yang ingin melakukan perpanjangan.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2023