Pakai Ban Tipe Ini Saat Hujan, Motor Lebih Stabil

Pengendara bermotor menerobos hujan di Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Kecelakaan kerap terjadi saat musim hujan. Selain karena faktor kurang lihainya pengendara, kondisi jalan yang licin juga membuat motor sulit untuk dikendalikan.

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Selain itu, genangan yang sering dianggap sepele juga dapat membuat motor mengalami aquaplaning atau tergelincir, karena meluncur di atas air.

Oleh karena itu, pemilihan ban menjadi komponen pertama yang perlu diperhatikan saat musim hujan. Sebab, secara fungsi, ban memiliki peran penting untuk menjaga motor agar tidak tergelincir.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

"Pemilihan ban saat musim hujan juga berpengaruh terhadap tingkat kecelakaan. Makanya, harus memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan," kata mekanik Planet Ban Radjiman, Jakarta Timur, Dery, saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Umumnya, ban terdiri dari tiga jenis karakter, yaitu soft, medium dan hard. Dery menuturkan, jika mengacu pada iklim tropis seperti Indonesia, sudah semestinya menggunakan ban yang bisa digunakan di segala kondisi.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

"Apalagi sedang musim hujan. Penggunaan ban yang pas untuk motor segala jenis, yaitu yang karakternya soft atau medium. Soalnya, karet ban lebih lentur dan bisa memaksimalkan daya cengkeram," ujarnya.

Selain itu, ban motor tipe soft atau medium dianggap mampu memecah air dan menepis udara dengan baik, saat berkendara di cuaca hujan.

Berbeda dengan tipe hard, yang lebih cocok digunakan untuk motor balap. Karena, karet tipe hard terlalu keras, sehingga tidak akan mendapatkan titik temu pada iklim tropis seperti Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya