Honda Setop Produksi Motor Ikonik Monkey

Honda Monkey konsep di IMOS 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA.co.id – Bentuknya yang tidak biasa membuat Honda Monkey banyak disukai oleh penggemar otomotif. Motor berukuran mungil itu bukan didesain sebagai transportasi sehari-hari, melainkan lebih pada motor hobi.

Kaget, Beli Honda Monkey Sekarang Motornya Dikirim Tahun 2023

Pertama kali diproduksi pada 1961, Monkey dibuat oleh Honda Jepang untuk memenuhi kebutuhan salah satu panggung atraksi di taman hiburan yang ada di Negeri Matahari Terbit.

Dilansir dari Paultan, Rabu 5 April 2017, model Monkey pertama yang laik digunakan di jalanan umum dibuat pada 1967. Kala itu, penjualannya cukup tinggi, baik di Jepang maupun di negara-negara lain.

Motor Ikonik Terbaru Honda Resmi Dijual di Indonesia

Sayangnya, taman hiburan yang berlokasi di Tokyo tersebut tutup pada 2009. Artinya, tidak ada lagi permintaan dari pengelola taman hiburan akan motor mungil tersebut.

Setelah hadir selama lebih dari 50 tahun, akhirnya Honda memutuskan untuk menghentikan produksi motor tersebut. Beberapa alasan dikemukakan Honda, mulai dari kesulitan memenuhi emisi gas karbon yang berlaku saat ini hingga anjloknya penjualan.

Intip 18 Unit Edisi Pamit BMW i8, Warnanya Beda-beda

Sekadar informasi, Monkey dibekali dengan mesin empat langkah satu silinder berkapasitas 49cc. Dengan hanya mengandalkan pendingin udara, mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 4,5 daya kuda.

Awalnya, Honda mendesain Monkey tanpa peredam kejut atau shockbreaker. Namun, setelah adanya masukan dari para penggemar, akhirnya dipasang shockbreaker pada roda depan. Beberapa tahun kemudian, shockbreaker juga dipasang pada roda belakang. (art)

Honda Monkey

Honda Monkey Limited Edition Harganya Lebih Murah?

Honda Monkey punya berbentuk unik, yang ditawarkan untuk konsumen penyuka motor unik. Kini, Honda Monkey 125 akan istimewa karena berkolaborasi dengan One Piece

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022