Hermanto, Driver Gojek RX King Butut Banjir Sumbangan

Pak Hermanto, tengah, bersama teman-teman RX King Jakarta.
Sumber :
  • Dok RX King Indonesia

VIVA.co.id – Kisah seorang driver Gojek bernama Hermanto, warga Taman Ratu, Jakarta Barat, yang motornya diperbaiki komunitas RX King Indonesia menjadi viral. Motor Hermanto berjenis RX King kelir ungu tahun 1997, diperbaiki seperti baru berkat hasil sumbangan banyak orang yang simpatik dengannya.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Motor ini direstorasi atas inisiasi sejumlah orang anggota komunitas RX King Jakarta. Mereka merasa haru dengan kondisi motor butut Hermanto yang saban hari dipakai untuk "ngegojek". Menurut Jujun Wahyudi, salah seorang inisiator, banyak sekali masyarakat khususnya para pencinta RX King ingin membantu perbaikan motor Hermanto.

"Kami cuma buka donasi dua hari, dan itu langsung membeludak. Tapi akhirnya kami setop (terima bantuan) setelah uang terkumpul Rp9 juta. Tak cuma uang, banyak sekali bantuan suku cadang RX King dari masyarakat yang dikirim ke kami," kata Jujun kepada VIVA.co.id, Senin 5 Juni 2017.

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini

Setelah tanggal yang ditentukan tiba, motor Hermanto akhirnya diperbaiki di sebuah bengkel di kawasan Kedoya, Jakarta Barat. Restorasi dilakukan satu pekan. Selama itu pula Hermanto memilih beristirahat dari aktivitas ojek online.

Hermanto bersama motor RX King lusuhnya.

Ribut dengan Pemotor Lain, Pengendara Yamaha RX-King Ini Dipaksa Cium Asap Knalpotnya Sendiri

"Motor mulai masuk bengkel dari tanggal 23 Mei. Motor lalu dicat ulang. Komponen rusak kita ganti dengan hasil sumbangan dari masyarakat. Kita pilah, yang orisinal yang dipakai," kata dia.

Kendati demikian, tak semua suku cadang hasil sumbangan diperoleh lengkap. Banyak suku cadang yang dibutuhkan untuk merombak total "kuda besi" Hermanto. "Suku cadang yang kurang akhirnya kami beli dari uang hasil donasi. Motor ini terbilang susah untuk didapatkan suku cadangnya, maka itu sekalinya dapat harganya mahal. Uang Rp8,8 juta kami pakai untuk beli komponen ori. Terakhir untuk beli klakson sama mur footstep belakang. Beberapa komponen yang sulit didapat kami kanibalkan dengan RX King tahun muda, seperti 2008," kata dia lagi.

Pak Jermanto (jaket Gojek) bersama tim bedah motornya.

Motor Hermanto kini seperti baru keluar dari diler. Saat diberikan ke Hermanto, dia merasa sangat bersyukur. Dirinya tak menyangka para pengguna RX King yang acap kali membuat onar di jalan raya melakukan kebaikan padanya. Total perbaikan motor ini --suku cadang hingga membeli komponen orisinal-- menelan dana Rp15 juta. Sisa komponen juga langsung diberikan ke Hermanto untuk cadangan.

RX King Hermanto setelah direstorasi.

"Sejujurnya banyak sekali orang yang mau beri donasi. Ada yang enggan sebutkan nama, di luar komunitas RX King. Mereka juga tak peduli dengan Hermanto yang notabene orang (keturunan) China. Kami enggak memandang itu, meski saat ini isu demikian santer. Kami tulus bantu Pak Hermanto, ikhlas," kata Jujun lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya