Ajang Balap Moto2 akan Gunakan Mesin Baru Tiga Silinder

KTM Red Bull Moto2
Sumber :
  • motogp.com

VIVA.co.id – Balapan motor Moto2 pada 2019 akan sedikit berbeda. Para pembalap yang berlaga di kelas tersebut bakal memakai motor dengan mesin yang sama sekali baru.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Dilansir dari Motoroids, Selasa 6 Juni 2017, hingga tahun depan, Honda masih dipercaya sebagai penyedia mesin motor yang digunakan untuk berlaga di kelas Moto2. Mesin tersebut memiliki spesifikasi empat silinder dan berkapasitas 600 cc.

Total tenaga yang dihasilkan mesin mencapai 140 daya kuda. Dengan mesin tersebut, motor mampu melaju hingga kecepatan 280 kilometer per jam.

Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Usai 2018, posisi Honda sebagai penyedia mesin akan digantikan oleh pabrikan motor asal Inggris, Triumph. Perusahaan ini telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Dorna selaku penyelenggara lomba.

Berbeda dengan Honda, Triumph akan menyediakan mesin dengan spesifikasi tiga silinder dan berkapasitas 765 cc. Meski kapasitasnya lebih besar, namun tenaga yang dihasilkan kurang lebih sama dengan mesin Honda.

Insiden Marc Marquez di MotoGP Portugal 2024, Federal Oil Buka Suara

Menurut Triumph, mesin yang akan disediakan berbasis dari motor Triumph Street Triple RS. Modifikasi dilakukan agar putaran mesin dapat lebih tinggi dan torsi yang dihasilkan lebih besar.

Alasan Tirumph berani menjadi penyedia mesin balap Moto2 adalah karena mereka sudah berpengalaman dalam hal pembuatan mesin balap. Beberapa mesin rancangan mereka sukses menjuarai balap motor Isle Man of TT, Daytona 200 dan British Supersports Championships.

Pembalap Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo

Walau Tampil Melempem, Fabio Quartararo Resmi Perpanjang Kontrak dengan Yamaha

Pembalap asal Prancis itu akan mengendarai motor Yamaha YZR-M1  hingga akhir musim MotoGP 2026. Fabio Quartararo resmi bertahan dengan perpanjang kontraknya di Yamaha.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024