Bangkitnya Pesaing Vespa, Siapkan Motor Terbaru

Skuter Schwalbe.
Sumber :
  • Rideapart

VIVA.co.id – Skuter ikonik asal Jerman Schwalbe kini telah bereinkarnasi. Usai lama tak terdengar, kini jenama yang selama beberapa dekade akrab berkiprah bersama merek Kreidler, Lambretta dan Vespa kembali muncul dengan produk baru motor listrik.

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Sedikit menengok sejarahnya, Schwalbe dibangun oleh perusahaan baja bernama Stimson yang kemudian kembali ke 1856 sebagai produsen senjata, dan masuk ke produksi sepeda pada 1896. Setelah Perang Dunia II, perusahaan tersebut mengalami perombakan besar di Jerman Timur dan mulai membangun moped dan skuter. Produksi mereka terakhir kali dilakukan pada 1986. Demikian seperti dilansir Rideapart, Jumat 28 Juli 2017.

Sekarang, Schwalbe kembali muncul, namun sebagai skuter listrik di bawah naungan pembuat skuter-skuter listrik Berlin, Govec. Schwalbe sejauh ini telah bermitra dengan Bosch untuk menanamkan teknologinya pada powertrain, dan baru-baru ini memperoleh hak lisensi untuk merek Schwalbe. 

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Motor listrik ini direncanakan didukung oleh drivetrain Bosch 4kW, dan memiliki kecepatan tertinggi 28 mph serta dapat menjelajah jarak 40 mil. Angka-angka itu menunjukkan bila Schwalbe edisi terbaru dirancang untuk transportasi perkotaan.

Wujudnya masih akan mendaulat model ikonik selama ini. Namun, penggunaan kaki-kaki model baru, dan kini telah dilengkapi layar LCD, rem yang bagus, serta charger dan kabel 1200W. Kabel sepanjang 15 kaki dapat ditemukan di bawah jok dan baterai bisa diisi ulang dari stop kontak standar.

Babe Cabita Meninggal Dunia, Vino G Bastian Kehilangan Teman Motoran Bareng

Govec menyebut skuter ini sangat dinamis, lincah, dan memiliki akselerasi yang bagus. Penunggang dapat memilih tiga mode daya, Go, Cruise, dan Boost. "Transmisi daya yang optimal dicapai dengan unik. Dual step belt drive system, yang memungkinkan torsi tinggi," kata Chief Executive Officer Govec, Thomas Grubel.

Diler Schwalbe pertama dibuka di Berlin, dan kabarnya akan diikuti dengan didirikannya banyak diler-diler di kota-kota besar di Eropa. Tetapi tak ada indikasi apakah skuter ini akan tersedia di Amerika Serikat. Perusahaan mengatakan mereka juga siap mendatangkan para teknisinya ke rumah atau tempat kerja Anda jika membutuhkan pelayanan.

Soal harga, Schwalbe E-Scooter yang ditawarkan dengan pilihan lima warna dijual dengan banderol US$6.263 atau setara Rp83 jutaan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya