Trik Simpel Bikin Helm Tak Gampang Bau, Bisa Dibuktikan

Helm motor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Balaclava atau karib disebut masyarakat sebagai masker topeng kini banyak dijual di pasaran. Balaclava sebenarnya sudah lama dipakai di ajang olahraga otomotif, dan kemudian banyak dipakai oleh komunitas pengendara sepeda motor saat berkendara.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

Berbeda dengan masker pada umumnya, masker ini bukan hanya sekadar melindungi hidung dan mulut biker dari asap atau kotoran saat berkendara, balaclava juga membantu menyerap keringat saat menggunakan helm. Selain kedua fungsi utama, kata Eric Yusup selaku Sales and Distribution Arai Indonesia (Cargloss Group), balaclava juga memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan helm.

"Kalau mau helm awet dan enggak cepat bau, pakai aja balaclava. Itu kan cucinya lebih mudah daripada harus cuci helm," kata Eric.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

Kemampuan masker topeng untuk menahan keringat, dikatakan Eric, juga menjadi keuntungan bagi biker. Busa dan permukaan helm tidak mudah lembab dan bau akibat keringat yang menempel selama pengendara memakai helm. "Kalau pakai balaclava beberapa kali, terus mulai kerasa kotor atau bau tinggal cuci. Kemudian balaclava ini kan bisa nahan keringat saat pakai helm," ujar dia.

Masker topeng motor alias balaclava.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Eric mengatakan, soal kenyamanan memakai masker topeng kembali kepada kebiasaan biker itu sendiri. Sebab balaclava atau masker topeng dirancang cukup tipis agar tetap nyaman saat nantinya memakai helm.

"Logikanya sederhana, memang mending pakai balaclava ketimbang harus cuci helm akibat bau dan kotor karena keringat. Lagipula, bedanya tipis kalau pakai balaclava atau enggak. Helm itu harus ngepres kepala tapi jangan kebanyakan selanya, nah pakai ini juga bisa jadi solusi," kata Eric.

Ilustrasi helm motor

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Helm motor dengan status SNI wajib digunakan oleh pengendara, dan agar nyaman maka ukuran helm harus sesuai dengan lingkar kepala.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2022