Lakukan Hal Ini Saat Motor Injeksi Kehabisan Bensin

selang pada motor matik
Sumber :
  • viva.co.id/Yasin

VIVA.co.id – Motor dengan teknologi injeksi kini sudah lumrah. Pabrikan motor ramai-ramai mengganti varian karburator dengan injeksi yang memiliki kelebihan lebih irit bahan bakar, responsif, serta lebih ramah lingkungan.

Kemenperin Ungkap Stimulus Baru Industri Otomotif Hadapi COVID-19

Karena dinilai lebih hemat bahan bakar, terkadang mengisi bahan bakar kerap kali dilupakan oleh pengendara motor saat sedang melakukan perjalanan. Padahal, otak dari injeksi adalah komputer. Alhasil, masalah yang sering timbul pada motor injeksi saat bahan bakar habis total adalah sulit menyala kembali.

Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta Muhammad Abdul Wakhid memberikan saran agar motor dapat kembali menyala tanpa dibawa ke bengkel.

Industri Otomotif Indonesia Sering Diterpa Badai

“Sebenarnya pemilik motor itu biasanya panik saat tahu motornya tidak bisa menyala meski telah diisi bensin dan terburu-buru membawa kendaraannya ke bengkel. Padahal hal itu bisa dikendalikan dengan mudah dengan beberapa hal saja,” katanya kepada VIVA.co.id, Sabtu 23 September 2017.

Langkah awal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan adalah mengisi bahan bakar pada motor sedikitnya tiga per empat dari kapasitas tangki motor. Setelah itu diamkan motor dengan standar dua selama lima menit dan nyalakan motor.

Malu Bertanya, Pengendara Motor Dapat Pengalaman Luar Biasa

“Jadi posisi pompa bahan bakar itu dingin, kunci kontak on, kalau enggak bisa pakai stater kita coba bantu pakai kick start, karena enggak bisa menyala itu sementara saja, harus didiamkan dulu, lima menit cukup,” kata Muhammad.

Ilustrasi penjualan mobil

Relaksasi PPnBM Berlaku, Gaikindo: Sehari 25 Unit Mobil Dipesan

Gaikindo mengungkapkan adalah relaksasi PPnBM dapat mendorong peningkatan industri otomotif di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2021