Cara Gampang Hilangkan Kerak Membandel pada Motor

Ilustrasi gula.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id – Para pemilik motor pasti akrab dengan kerak yang membandel di kendaraannya. Biasanya, kerak timbul akibat kotoran yang berasal dari debu atau jamur yang dibiarkan lama mengendap pada motor. Akibatnya kotoran itu akan menjadi kerak yang keras dan sangat sulit untuk dihilangkan. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kerak tentu tak bisa hilang begitu saja dengan cara mencuci bersih motor. Sebab untuk menghilangkan kerak dibutuhkan cara tersendiri.

Seperti dilansir situs resmi Honda, Rabu 4 Oktober 2017, ada satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk membersihkan kerak tadi. Yaitu dengan menggunakan bahan kimia sodium cyclamate atau juga dikenal dengan nama biang gula. Bahan ini bisa mudah ditemukan di toko-toko kimia dengan harga terjangkau.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Caranya juga sangat mudah. Pertama, campur seperempat bungkus sodium cyclamate (biang gula) dengan air panas sebanyak setengah gayung. Setelah itu tambahkan setengah sendok makan deterjen lalu aduk hingga larut. Selanjutnya, oleskan larutan campuran biang gula dan deterjen tadi ke bagian motor baik besi maupun plastik yang berkerak.

Lalu biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air bersih lalu keringkan hingga benar-benar kering. Anda akan lihat perbedaannya. (mus)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022