Olesan Sabun Colek Bikin Rem Tromol Pakem, Mitos atau Fakta?

Rem tromol pada sepeda motor.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Beberapa jenis sepeda motor baru kebanyakan sudah dibekali dengan rem cakram, bahkan teknologi anti-lock braking system atau ABS, Tujuannya agar kualitas pengereman lebih maksimal.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, masih banyak sepeda motor yang menggunakan rem tromol digunakan oleh masyarakat. Seiring usia dan pemakaiannya, kualitas rem tromol akan mengalami penurunan.

Untuk membuatnya kembali pakem, beberapa orang mengoleskan sabun colek pada bagian dalam tromol dan kampas rem. Benarkah hal tersebut bisa membuat rem jadi pakem?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Service Education Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Ferry mengatakan, beberapa grease atau gemuk ada yang terbuat dari sabun.

"Jika sabun dilapisi di sepatu rem (kampas rem), materialnya akan melunak sehingga terasa lebih pakem. Tapi, lapisannya akan cepat terkikis," kata Ferry kepada VIVA.co.id di Jakarta, Sabtu 7 Oktober 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dia mengatakan, sabun colek yang mengandung air diaplikasikan pada rem tromol akan menimbulkan karat di dalam rumah tromol. Sehingga, penggunaan sabun colek pada rem tromol tak disarankan.

"Dilapisi sabun colek tidak direkomendasikan. Jika penggunaan grease soap bases, tergantung bahan materialnya," ujarnya.

Untuk merawat rem tromol, kata dia, selalu ikuti petunjuk jadwal perawatan berkala sesuai dengan buku petunjuk pemilik.

"Kondisi sepatu rem aus atau tidak bisa dilihat di indikatornya. Indikatornya bisa dilihat di tromol, biasanya ada tanda panah,” tuturnya. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya