Langkah Sederhana Rawat Helm agar Tak Bau

Ada ular bersarang di dalam helm. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Nolan

VIVA – Helm merupakan peranti keselamatan terpenting bagi pengendara sepeda motor. Untuk itu, helm kerap digunakan para penunggang ‘kuda besi’ saat berkendara di jalan raya.

Pakai Helm Motor Suka Pusing Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya

Seiring dengan penggunaannya, helm juga membutuhkan perawatan agar tetap bersih dan terjaga, apalagi di musim hujan. Udara yang lembap bisa membuat helm beraroma tak sedap. Lantas bagaimana perawatan helm di saat musim hujan seperti yang tengah terjadi belakangan ini?

Menurut Pemasaran PT Prakarsa Abadi Sentosa selaku distributor resmi helm merek Nolan, Xlite, Grex dan Alpinestars, Deden Fauzi, perawatan helm saat musim hujan sama seperti hari biasa. Hanya saja butuh waktu ekstra saat membersihkannya.

Helm Pintar Sena Dijual Mulai Rp9 Jutaan, Memang Sepintar Apa?

"Pada saat sesudah hujan biasanya saya langsung mengelap air dengan kain halus dan kering supaya bercak air dan kotoran tidak menempel," kata Deden kepada VIVA di Jakarta, Rabu 8 November 2017.

Dia mengatakan, saat helm terkena hujan maka segera tempatkan peranti tersebut di atas kipas, agar helm mendapat sirkulasi udara alias tak membiarkan helm lembap. Sebab selain menimbulkan bau tak sedap, helm lembap bisa menimbulkan bakteri.

Cara Merawat dan Cuci Helm Motor yang Benar, Mudak Kok

"Ditaruh di atas kipas agar busa mengering tidak lembap. Jangan lupa untuk membuka visor agar udara di dalamnya keluar," ujarnya menambahkan.

Senada, pemilik toko Touwani Shop di Sukapura, Jakarta Utara, Ronald Touwani juga mengatakan, sebenarnya tak ada perawatan khusus helm saat musim hujan. Apalagi bila helm telah dilengkapi dengan pinlock atau lapisan plastik antifog alias antiembun.

"Paling perawatannya habis hujan lap kering saja karena luarnya saja yang basah. Dalamnya enggak apa-apa, diangin-anginin saja habis dicuci. Kalau yang belum ada antifog ya dijemur sampai kering," katanya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya