Membongkar Trik Pedagang Bikin Kinclong Motor Bekas

Bursa motor bekas
Sumber :
  • Google

VIVA – Pedagang sepeda motor dalam kondisi bekas saat ini kian ‘mewabah’. Mudah sekali untuk menemukannya, karena hampir ada di tiap sudut kota.

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Menjamurnya pedagang motor bekas juga berbanding lurus dengan banyaknya permintaan ‘kuda besi’ dengan anggaran terbatas. Apalagi ada penawaran menarik laiknya motor baru, bisa dibeli secara mengangsur.

Namun ada hal menarik yang acap dipikirkan dan membuat heran banyak masyarakat. Bagaimana bisa motor bekas yang dipajang diler-diler nampak seperti baru atau tidak seperti motor bekas pakai orang lain.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Ternyata para pedagang motor bekas punya trik sendiri agar motor bekas yang dimiliki nampak berkilauan seperti baru. Ini semata-mata untuk menarik minat konsumen.

Penggawa diler motor bekas Bachmid Motor, Zaki mengatakan dilernya menggunakan obat poles khusus untuk mengkilaukan motor bekas yang dijualnya. Ini penting, karena terbukti ampuh. Banyak orang kemudian tertarik datang ke dilernya.

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

"Dipoles pakai obat poles namanya Amway. Buat mengkilap saja sih, kalau baret halus sih ketutup," kata Zaki kepada VIVA di Jakarta, Kamis, 21 Desember 2017.

Untuk membuat motor terlihat resik, dia juga tak pernah luput membersihkan debu yang menempel di bodi motor. Sekali muncul debu, tangannya dengan cekatan mengambil tindakan.

Senada juga diungkapkan pemilik diler motor bekas Gapura Motor, Muhammad. Katanya, dia rutin memoles motor bekas yang dijual. Alat yang digunakan juga sama yaitu obat poles dan lap atau kain lembut untuk membasuh motor.

"Kalau di Gapura, ya poles biasa. Kalau ada retak dan baret dalam, ya kita ganti sama bodi motor yang dijual pedagang spare part. Kami juga takut konsumen pada kabur kalau kita jual ngasal," kata dia.

Baret sirna

Sementara menurut Vickry Aprilianto, pedagang motor bekas di Depok, Jawa Barat, dirinya kerap mengatasi goresan pada barang dagangannya dengan kompon halus dan sanpoly.

"Kompon diberikan secara merata untuk lebih memperhalus permukaan cat, lakukan proses penghalusan ini dengan cara lap bagian yang telah diberi kompon tadi dengan lap. Caranya, gerakkan lap dengan cara memutar searah hingga benar-benar bersih dan licin," kata dia.

Sedangkan untuk menghapus goresan di bagian plastik seperti dek, dan spakbor belakang, dia acap menggunakan semir ban. Cara pengerjaannya, kata Vickry, jangan langsung mengoleskan semir dari kemasannya seperti menyemir sepatu. Anda harus menuangkan semir tersebut dan menggunakan spons untuk mengoleskannnya ke dek.

"Ini juga bisa bikin kinclong area konsol speedometer, bagian dek atas, isi bagasi, hingga cover knalpot," kata dia.(hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya