Ternyata Ini Alasan Honda Ubah Posisi Klakson di Motornya

Tombol klakson dan sein di motor Honda.
Sumber :
  • Hondacommunity.net

VIVA – Tak banyak yang sadar jika pabrikan sepeda motor Honda mengubah penempatan posisi saklar atau tombol motor yang berada pada panel sebelah kiri.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sebenarnya perubahan ini sudah dilakukan beberapa tahun belakangan, yakni tombol pada lampu sein dan klakson. Jika sebelumnya tombol lampu sein berada di tengah dan klakson berada di paling bawah panel sebelah kiri. Kini sebaliknya, klakson di tengah dan lampu sein paling bawah.

Lantas mengapa demikian? Seperti dilansir situs resmi Honda, ternyata langkah itu diterapkan bukan tanpa alasan. Sebab Honda melakukan ubahan itu untuk memudahkan pengoperasian tombol sein. Riset yang dilakukan Honda menyatakan bahwa tangan kiri lebih mudah untuk menjangkau tombol paling bawah.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Selain itu, Honda ingin pengendara lebih mudah mengoperasikan tombol sein agar tetap aman saat berkendara. Maka dari itu, Honda memindahkan tombol sein pada bagian paling bawah agar pengendara motor lebih safety.

Lampu sein bertujuan untuk memberi tanda atau isyarat dengan pengendara lain ke arah mana Anda akan berpindah jalur atau berbelok.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022