Beda Standar Samping dan Tengah Sepeda Motor

Memarkir motor dengan standar miring.
Sumber :
  • bengkelsepedamotor.com

VIVA – Saat ini motor dengan kapasitas mesin di bawah 250cc umumnya dilengkapi dengan dua model standar, yakni standar tengah dan standar miring.  Keduanya berfungsi untuk menahan sepeda motor saat sedang parkir.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Dilihat dari desainnya, kedua besi penyangga sepeda motor tersebut dirancang berbeda. Standar samping atau standar miring biasanya hanya berupa satu batang logam dengan per untuk menyangga motor. Sementara standar tengah dibuat dengan dua besi yang tersambung di bagian atasnya.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Sarwono Edhi mengatakan, tak hanya desain kedua model penyangga ini pun memiliki keunggulan yang berbeda.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Keunggulan standar samping itu lebih praktis dan cepat dalam  men-standarkan sepeda motor. Sementara Keunggulan standar tengah itu menopang lebih stabil," kata dia kepada VIVA.

Sarwono mengatakan, kedua model penyangga ini memang punya kelemahan tersendiri. Pada model standar tengah misalnya, untuk menggunakannya memang tak semudah standar samping. Pengguna harus sedikit mengangkat sepeda motor saat hendak mengaktifkannya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Sedangkan standar samping ini relatif kurang stabil dibanding standar tengah. Ini lantaran posisi motor menjadi miring kira-kira 10-15 derajat dari posisi awal," kata dia.

Ilustrasi standar samping sepeda motor

Matikan Motor Pakai Standar Samping Bikin Aki Soak?

Motor-motor saat ini dibekali fitur yang canggih, salah satunya adalah mesin motor akan mati jika standar samping diturunkan.

img_title
VIVA.co.id
18 Juli 2022