Ini Bagian Ujian Praktik SIM C Tersulit, Banyak yang Gugur

Praktek ujian pembuatan SIM di Polres Tegal, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor termasuk roda dua, wajib melengkapi dengan dokumen seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan dan Surat Izin Mengemudi. Untuk memiliki SIM roda dua alias SIM C, pemohon harus telah berusia 17 tahun. Selain itu, wajib melewati sejumlah tahapan pengujian.

Ujian Teori Bikin SIM Bakal Digelar Secara Online

Ujian terdiri atas beberapa bagian, mulai teori yang terdiri atas beberapa soal terkait lalu lintas dan ujian praktik. Bila pemohon lolos ujian teori, maka berlanjut pada ujian praktik.

Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan, umumnya pemohon SIM C tidak lulus pada ujian praktik. "Lebih banyak ujian praktik yang tidak lulus," kata Fahri kepada VIVA di Jakarta, Rabu, 10 Januari 2018.

Polisi Layani Perpanjangan SIM Gratis bagi Tenaga Medis di Wisma Atlet

Dia menjelaskan, ujian praktik yang banyak mengalami kegagalan adalah saat menghadapi lintasan zig zag dan lintasan yang berbentuk angka delapan. "Banyak yang gagal di materi ujian angka delapan dan materi ujian zig-zag bagi roda dua," dia menambahkan.

Untuk itu, ia mengimbau kepada para pemohon SIM C guna berlatih sebelum melakukan ujian praktik. Sebab, jika gagal, pemohon SIM C akan diminta untuk mengulang. "Berlatih dulu sebelum mengikuti ujian SIM," katanya. (art)

Hari Bhayangkara ke-74, 4.308 Warga Ikuti Program SIM Gratis
Ilustrasi ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM).

Bocoran Soal Ujian Teori Bikin SIM C

Ujian teori merupakan salah satu syarat, yang harus dilewati jika hendak membuat SIM C untuk mengendarai motor.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022