Yamaha R3 Versi Anyar Muncul Februari

Yamaha R3 terbaru.
Sumber :
  • Autocar India

VIVA – Yamaha dalam waktu dekat bakal meluncurkan R3 edisi 2018 di India. Rencananya, debut akan dilakukan pada ajang Auto Expo, bulan depan atau Februari 2018.

Yamaha Rilis Motor Sport R-Series 2022 Edisi Spesial, Keren!

Sebelumnya, Yamaha pada April 2017 menghentikan penjualan R3 buatan Indonesia di India. Penjualannya dihentikan karena sudah berlakunya Bharat Stage (BS) IV. Bharat Stage IV atau disebut BS IV adalah standar emisi yang diterapkan oleh pemerintah India terkait kendaraan bermotor, dan BS IV sudah setara dengan Euro IV.

Dan jika bicara setara Euro IV, Yamaha R3 buatan Tanah Air tersebut tentu belum memenuhi batasannya. Karena Yamaha R3 buatan YIMM memiliki standar BS III atau setara Euro III seperti ketetapan regulasi di Indonesia. Sementara itu, di India, penetapan BS IV memang mulai efektif per April 2017.

Motor Baru Yamaha 150cc Meluncur Pekan Depan

Kini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah siap mengirim unit R3 yang sesuai dengan standar emisi BS IV. Seperti dilansir Autocar India, Selasa, 23 Januari 2018, Yamaha akan memasarkan R3 terbaru bulan depan. Akan ada dua pilihan yang ditawarkan, yakni versi ABS dan non-ABS.

Sudah tentu ABS akan menjadi versi paling mahal yang diperuntukkan sebagai pilihan teratas. Bagi yang belum tahu, R3 merupakan Yamaha R25 yang di-bore up menjadi berkubikasi 300 cc, dan diekspor oleh YIMM ke beberapa negara, salah satunya adalah India.

Motor Sport Semakin Tersingkir, Yamaha Belum Menyerah

Untuk model terbaru, wujud dan mesinnya masih sama. Dapur pacunya masih mengusung mesin silinder kembar segaris 321cc dengan pendinginan cair dan bahan bakar injeksi.

Mesin itu dapat mengeluarkan tenaga 42 PS pada 10.750 rpm, dan torsi 29,6 Nm pada 9.000 rpm. Mesin disandingkan dengan transmisi enam-kecepatan.

Suspensi yang digunakan masih model teleskopik. Sepeda motor ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas 14 liter, dan berbobot 170 kilogram. Untuk efisiensi bahan bakar, diklaim mencapai 23,8 kilometer per liter.

Saat meluncur nanti, motor tersebut akan bersaing dengan KTM RC 390, Kawasaki Ninja 300, TVS Apache RR 310, dan Benelli 302R di segmennya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya