Teknik Ampuh Irit Bahan Bakar Saat Mengemudi Mobil

Ilustrasi mengendarai mobil.
Sumber :
  • Dailymail.co.uk

VIVA – Salah satu faktor konsumen dalam memilih mobil tentu mengenai konsumsi bahan bakarnya. Tak heran jika keiritan bahan bakar selalu ditonjolkan setiap produsen mobil saat menghadirkan produk-produk terbarunya.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Namun yang perlu diketahui, selain teknologi yang disematkan ada beberapa hal yang sebenarnya memengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan. Termasuk cara Anda mengemudikan kendaraan.

Dilansir di situs resmi Daihatsu, sebenarnya ada tekniik Eco Driving untuk menghemat konsumsi bahan bakar mobil. Teknik ini merupakan prinsip-prinsip dasar safety driving yang tujuan utamanya menghemat bahan bakar, berkendara dengan efisien dan mengurangi polusi.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Ada beberapa teknik dasar berkendara yang sebenarnya juga dapat membuat mobil Anda lebih irit. Apa saja itu?

Pertama, soal perpindahan gigi. Anda jangan menunggu mesin meraung saat memindahkan perseneling mobil ke posisi yang lebih tinggi. Idealnya, mengganti perseneling dilakukan antara 2.000 hingga 3.000 rpm.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Kedua, kecepatan mobil Anda harus stabil. Usahakan untuk mempertahankan kecepatan secara konstan dan stabil. Biasanya, pengemudi bisa mempertahankan putaran mesin di bawah 2.000 RPM untuk mencapai konsumsi bahan bakar mobil lebih irit.

Ketiga harus mengemudi dengan Smooth Driving. Hindari pengereman atau akselerasi yang tidak perlu. Kalau pun terjebak di tengah kemacetan, berkendaralah dengan lembut. Injak pedal gas dan rem secara halus. Hindari menginjak pedal gas dan rem dengan cara terburu-buru.

Yang terakhir, ketika mengemudi di tanjakan dan turunan sebisa mungkin menjaga kecepatan dan putaran mesin yang tidak terlalu tinggi. Cara ini untuk menjaga kinerja mesin agar tidak bekerja terlalu keras. Semoga bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya