Cara Ampuh Usir Bau Kabin Mobil yang Terendam Banjir

Dok. Mobil di basement Kemang Square terendam banjir.
Sumber :
  • VIVA/Danardono

VIVA – Mobil yang pernah terendam banjir biasanya akan akrab dengan bau di dalam kabin. Kondisi ini terjadi karena air kotor diserap jok dan karpet yang ada di dalam mobil.

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

Jika tak segera dibersihkan, bau dan noda akan susah dibersihkan lantaran kadung melekat dan menempel.

Memang terbilang agak menguras waktu dan tenaga. Karena membersihkan kabin mobil yang pernah terendam banjir perlu dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat agar mendapatkan hasil maksimal.

Jokowi Turun Langsung ke Demak Cek Perbaikan Tanggul yang Jebol

Seperti dilansir AstraWorld, Rabu 7 Februari 2018, langkah pertama bisa dimulai dari bagian jok mobil. Sebelum dibersihkan, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu, termasuk sarungnya. Cuci sarung jok menggunakan sikat lembut, lalu vakum dan keringkan.

Bagian jok mobil juga dibersihkan dengan sikat lembut agar pori-pori jok terbuka. Setelah jok mobil bersih, vakum dan keringkan di bawah sinar Matahari agar kering hingga ke bagian dalamnya.

Anies Baswedan Kunjungi Korban Banjir di Sumatera Barat

Langkah selanjutnya, bersihkan semua karpet dengan mengangkatnya dari dasar lantai mobil. Kemudian cuci dengan sikat lembut dan cairan deterjen agar semua kotoran dan sisa-sisa minyak dapat bersih menyeluruh, lalu bilas dengan air bersih.

Setelah itu, vakum dan keringkan dengan sempurna agar tidak lembap saat dipasang kembali. Selagi proses pengeringan karpet, lantai dasar mobil juga dibersihkan, dicuci kemudian dibilas dengan air bersih agar tidak karat.

Untuk bagian dalam pintu (doortrim) juga perlu dibersihkan. Caranya, lepas doortrim dengan hati-hati agar pengunci (claim) dan doortrim tidak patah.

Kemudian, bersihkan dan pastikan tidak ada air yang tertinggal di dalam doortrim. Jika doortrim atau claim patah saat dilepas, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar doortrim tidak kendur dan menimbulkan bunyi saat mobil berjalan.

Setelah semua bagian bersih dan kering, pasang kembali dengan baik, dan berikan parfum mobil jika diperlukan. Proses membersihkan mobil yang terendam banjir memang bisa diserahkan ke salon mobil.

Namun, pemilik mobil pun perlu mengetahui langkah-langkah membersihkan mobil dengan benar agar hasilnya lebih maksimal. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya