Risiko Ganti Pelek Toyota Agya

New Toyota Agya 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA – Modifikasi ringan yang biasa dilakukan pengguna mobil yaitu mengganti pelek bawaan pabrik dengan produk aftermarket, yang bisa dipilih sesuai dengan selera pemilik kendaraan.

Apes Banget Nasib Mobil Agya Ini Kena Siksa Emak-emak yang Bikin Konten

Salah satunya seperti Toyota Agya. Mobil tersebut bisa tampil lebih garang dan sporty dengan ubahan pelek sedikit lebih besar dari bawaan pabrikan yang berukuran 14 inci.

"Stabdarnya itu kan 14 inci, kalau naik ke 15 inci masih oke dengan suspensi yang standar. Tapi kalau naik ke ukuran 16 atau 17 inci, pasti sudah banyak penyesuaian. Ganti shock segala macam," kata Ketua Umum Toyota Agya Club, M Lukman Hakim di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Daftar Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta Tahun Muda

Mengganti pelek dengan ukuran lebih besar tentu akan memunculkan masalah lainnya. Semakin besar ukuran pelek, maka energi yang dibutuhkan untuk melaju juga semakin besar, sehingga memengaruhi efisiensi bahan bakar.

"Pelek sebetulnya untuk gaya, semakin besar pelek berarti diameter lebih besar. Otomatis, tenaga yang dibutuhkan mesin untuk menggerakkan mobil lebih berat. Pengaruhnya ya ke efisiensi bahan bakar," ujarnya.

Mobil Sporty Ini Cicilannya di Bawah Gaji UMP DKI

Pada dasarnya, kata dia, modifikasi biasa dilakukan dalam dunia otomotif. Namun, pengguna juga harus memikirkan keamanan, kenyamanan dan keselamatan. Jangan sampai, hal tersebut malah justru merugikan pengguna jalan lainnya.

"Namanya modifikasi pasti ada efeknya, karena belum tentu sama dengan bawaan pabrik. Perubahan pelek, peleknya naik, bannya lebih tipis, itu pasti mengurangi kenyamanan," tuturnya.

Toyota Agya nekat lawan arah

Tak Ingin Terjebak Macet, Pengemudi Toyota Agya Ini Berakhir Malu

Baru-baru ini viral sebuah video di media sosial, yang menunjukkan seorang pengemudi mobil Toyota Agya menerobos kemacetan jalan raya dengan cara melawan arus lalu lintas

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024