Penasaran, Berapa Sih Harga Satu Busi Mobil Bentley?

Komunitas penggemar mobil Bentley di Indonesia.
Sumber :
  • Dok: BDCI

VIVA – Bentley merupakan salah satu mobil premium asal Inggris yang dikenal berharga mahal. Tak cuma harganya saja yang mahal, karena dipastikan biaya perawatan juga di atas rata-rata ketimbang mobil pada umumnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Bagaimana tidak, biaya servisnya saja dihitung per jam yakni Rp1,5 juta. Itu belum termasuk dengan biaya ganti oli mesin dan businya.

Agus Sugianto, Aftersales Manager Bentley Indonesia, mengatakan, mobil-mobil Bentley sudah dilengkapi dengan garansi selama tiga tahun. Selain itu tiga tahun pula mendapat pemeliharaan secara gratis. Untuk perawatan berkala, kata dia, dilakukan tiap 16.000 kilometer per-tahun.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Selama tiga tahun itu maintenance free, mulai dari jasa pergantian oli, kampas rem, filter oli, filter udara, dan busi semua kita cover. Setelah tiga tahun, servis tahun keempat hanya oli mesin dan filter oli saja yang diganti, biayanya Rp9 – 10 jutaan," ujar Agus kepada VIVA di showroom Bentley, Jakarta Selatan, Kamis 22 Februari 2018.

Biaya pergantian oli termasuk dengan jasa dan pengecekan secara keseluruhan. Di mana, waktu yang dibutuhkan sekira tiga jam. Sementara oli yang digunakan adalah SAE 0W-30 untuk mesin W12, dan SAE 5W-40 untuk mesin V8.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Ganti Busi

Biaya banyak biasanya mesti dipersiapkan jika mobil sudah memasuki tahun kelima. Karena banyak komponen yang diganti, di antaranya filter udara, filter AC, hingga wiper.

Sementara pergantian busi dilakukan tiap tiga tahun sekali. Biaya yang dipatok berbeda-beda, tergantung konfigurasi mesin.

"Kalau filter AC dan filter udara itu range-nya Rp1,7 juta. Kalau ganti busi saja, satu busi sekitar Rp600 ribuan, berarti Rp7,2 juta untuk mesin W12 dengan 12 busi. Kalau mesin V8 berarti businya delapan, tinggal dihitung saja," sambung dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya