Trik Ampuh Bersihkan Jaket Kulit yang Kena Noda

Jaket kulit untuk naik motor.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA – Tiap orang pasti menginginkan agar jaket yang dimiliki bersih dan bebas noda. Apalagi jaket tersebut dibeli dengan harga mahal dan berkualitas tinggi.

Leptospirosis Meluas di Pacitan sampai Gaya Parenting Nikita Willy

Seperti halnya jaket kulit. Untuk membersihkannya, jaket yang kerap dipakai berkendara sepeda motor ini tak sembarang dilakukan. Karena butuh perawatan khusus.

Sebagian orang memilih menyerahkannya ke jasa perawatan jaket kulit profesional atau penatu yang paham cara menangani kotoran parah pada jaket kulit. Namun tak sedikit pula yang membersihkan sendiri di rumah.

Dunia Mode Geger, Jaket Kulit Manusia Dijual Seharga Rp10 Juta

Jika membersihkan sendiri, jangan dicuci basah seperti halnya pakaian atau jaket berbahan goretex. Anda bisa melakukannya dengan produk perawatan khusus bahan kulit yang bisa melembutkan dan melembabkan bahan kulit. Atau bisa juga menggunakan kain basah untuk menyeka noda. Untuk kasus noda mengeras, Anda bisa menempatkan lap basah di area kotor dan biarkan beberapa menit, kemudian bersihkan.

Ilustrasi Jaket Kulit

Kadin Garut Tak Terima Pengusaha Kecil Asal Garut Diperlakukan Semen-mena di Sumatera Selatan

Ilustrasi jaket kulit. Foto: Istimewa

Hal lain yang perlu diperhatikan, berhati-hatilah saat menggunakan sabun atau produk-produk pembersih lainnya. Bahan kulit bisa menjadi kering dan berujung pecah-pecah apabila ada sisa sabun yang tertinggal.

Cara Bersihkan

Gunakan produk yang lembut untuk membersihkan noda, semisal deterjen untuk pakaian halus, sabun cuci piring, atau sampo bayi.

Ilustrasi Sabun Cair.

Ilustrasi sabun cair. Foto: Istimewa.

Buatlah campuran sabun dan air. Lalu oleskan campuran tersebut pada bagian yang bernoda, lalu lap mengikuti alur serat permukaan bahan kulit. Angkat sisa sabun dengan kain bersih dan pastikan permukaannya benar-benar bersih. Kemudian keringkan jaket secara alami.

Anda juga bisa mengoleskan cairan pelembut bahan kulit pada bagian yang baru selesai dibersihkan. Hal ini untuk mencegahnya menjadi kering. (Sumber: Womanrider)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya