Sepele, Tapi Dua Hal Ini Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

Mobil transmisi matik.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Transmisi matik pada mobil dianggap sebagai salah satu solusi saat berkendara di jalur perkotaan yang sering macet. Karena pengemudi tak perlu menginjak kopling, alhasil kaki kiri lebih santai dan tidak mudah pegal.

Mobil Rp130 Jutaan Ini Laku Keras Menjelang Lebaran

Namun, mengemudikan mobil matik juga harus dilakukan dengan benar, karena salah-salah justru bisa membuat mobil matik cepat rusak. Salah satu kasusnya transmisi cepat rusak bahkan jebol.

Menurut Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan para pengemudi mobil matik.

Mobil Termurah di Indonesia Punya Segudang Fitur

Sebut saja ketika mobil berhenti di lampu merah tuas transmisi masih dibiarkan pada posisi 'D' (maju). Dia menganjurkan apabila mobil berhenti dalam kondisi macet atau lampu merah sebaiknya dinetralkan, dan jangan terus menerus menginjak rem, karena sedikit banyak juga menyumbang kerusakan pada transmisi.

Pedal pada mobil matik

Daihatsu Ungkap Karakter Pemilik Mobil Buatan Mereka

Pedal rem pada mobil matik. Foto: Autoevolution

“Kadang-kadang lampu merah sebentar, kalau begitu enggak apa-apa. Tapi kalau lama sebaiknya dinetralin. Efeknya kalau terlalu lama injak rem, pelat kopling transmisi matik akan cepat aus, dan kalau sudah rusak akan merembet ke gear,” tutur Anjar kepada VIVA, Rabu 28 Februari 2018.

Perilaku salah kaprah pengemudi matik lainnya yakni ketika memindahkan gigi dari D ke R (mundur) dilakukan sembarangan, seperti halnya pengoperasian mobil transmisi manual.

Kata Anjar, ketika mobil ingin parkir dari mundur dengan momentum mobil masih jalan belum berhenti, tapi tuas transmisi sudah keburu dipindahkan ke D, itu juga akan merusak.

“Bukan hanya dari mundur ke maju, begitu juga sebaliknya. Karena perpindahan gigi enggak smooth dengan hentakan tinggi, otomatis akan merusak gigi-giginya jika itu sering dilakukan,” sambungnya.

Empat Fakta Mobil Matik

Mobil matik memang dianggap mudah untuk dikemudikan. Maka tak heran populasinya kian menjamur di Tanah Air, dan berbagai wilayah lain di dunia.

Uji berkendara New Daihatsu Ayla.

Test drive Daihatsu Ayla. Foto: Dok VIVA

Mobil matik sendiri merupakan kependekan dari automatic. Mobil ini hadir dengan teknologi canggih, sederhana dalam pengoperasiannya dan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi penggunanya. Ada empat fakta tentang mobil matik yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya.

Pertama, yakni mobil matik tak akan mundur saat mesin mati di tanjakan. Dengan begitu penumpang tetap bisa tenang. Selanjutnya...

Baca Selengkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya