Mobil Matik Jangan Tancap Gas Tiba-tiba, Bikin Usia Pendek

Mobil transmisi matik.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mobil jenis matik kian disukai banyak kalangan. Terlebih banyak produsen mobil yang menawarkannya. Selain lebih mudah digunakan dan dipahami penggunaan mobil matik pun kini semakin bertambah karena makin nyaman.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun walau didukung beberapa kelebihan, mobil jenis ini juga cukup rentan pada bagian mesin dan transmisinya. Apalagi jika tak dirawat dengan baik. Ketika mesin ataupun transisi mobil matik bermasalah, Anda harus siap merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaikinya.

Selain perawatan ada beberapa perilaku mengendarai mobil matik yang dianggap memperpendek usia transmisi. Seperti dikutip situs resmi Nissan, Senin, 5 Maret 2018, seperti langsung menginjak pedal gas dalam-dalam. Menancap gas tiba-tiba pada mobil matik akan mengganggu kualitas katup solenoid.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Perlu Anda perhatikan, sistem di perangkat transmisi pada mobil matik membutuhkan beberapa detik untuk dapat menghasilkan tekanan dari oli ke konverter torsi. Jika proses tersebut belum selesai dan sudah menerima tekanan besar, sudah dipastikan katup solenoid mobil Anda akan rusak," kata Nissan.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022