Belajar dari Kasus Adik Olla Ramlan, Hampir Tergilas Mobil

Olla Ramlan dan Cynthia Ramlan
Sumber :
  • Instagram ollaramlanaufar

VIVA – Beberapa waktu lalu publik dikejutkan dengan musibah yang dialami selebriti Cynthia Ramlan. Adik dari artis Olla Ramlan itu nyaris tergilas mobil saat tengah melakukan proses syuting.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

Dari video yang beredar di jagat maya, terlihat pengemudi Toyota Etios terlalu banyak menginjak pedal gas dan membuat mobil melaju tak terkontrol dari posisi diam. Padahal di depannya ada Cyntia yang sedang berbaring di depan mobil. Saat mobil merangsek maju, tubuhnya pun masuk ke kolong mobil.

Jusri Pulubuhu, penggagas Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, sebelum menghidupkan mobil harusnya si pengemudi memastikan dulu rem tangan mobil tersebut, gigi netral atau tidak.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

"Pastikan kaki kiri menginjak kopling, dan rem kalau mobil manual, kalau matik injak rem," kata Jusri kepada VIVA, Selasa 6 Maret 2018.

"Baru setelah itu starter, setelah mobil hidup klakson dulu dua kali untuk memastikan kalau keadaan sekitar tahu mobil mau berjalan. Jika sudah, lepas kopling perlahan untuk mobil manual, jangan tambahkan gas," jelasnya.

Geger, Polisi Kepergok Buang Jasad Korban Kecelakaan ke Sungai

Dia menjelaskan kembali, seharusnya si pengemudi baru menginjak gas apabila mobil mulai bergulir. Jadi momentum kendaraan bergerak itu bukan karena gas, tetapi karena idle 1.000 rpm.

"Karena dalam kemiringan 30 derajat mobil-mobil zaman sekarang sudah bergerak tanpa digas," tuturnya.

Karo Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Operasi Keselamatan 2024 yang dilakukan Polri selama dua pekan sejak 4 hingga 17 Maret 2024, sudah rampung. Sebanyak 86.437 pengendara di Tanah Air, kedapatan melanggar.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024